KONSTRUKSI IDENTITAS SOSIAL REMAJA DALAM KOMUNITAS CONVERSE HEAD YOGYAKARTA

Pandega Adi Pramana, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konstruksi identitas yang di bangun dalam Converse Head Yogyakarta terbentuk karena adanya the society of the spectacle dalam komunitas yang dibangun karena adanya arena konsumsi terhadap style dan fashion yang dipertontonkan oleh anggota komunitas sebagai citra dan pembeda dengan masyarakat atau kelompok lain. Identitas diri ini dengan menggunakan sneakers dengan brand Converse yang digunakan oleh anggota komunitas serta menjadi panggung yang diperotontonkan terhadap masyarakat luas. (2) Fashion dimaknai oleh anggota komunitas sebagai sarana bagi para penggunanya dalam mengekspresikan diri agar terlihat berbeda dan memiliki sebuah ciri khas melalui apa yang mereka gunakan, khususnya bagi komunitas Converse Head Yoyakarta yang terfokus pada koleksi sepatu sneakers Converse. Sepatu sneakers Converse saat ini tidak hanya berperan sebagai pelengkap penampilan saja, lebih dari itu dapat menampilkam identitas pribadi pemakainya.

Keywords


Konstruksi, Identitas Sosial Remaja, Komunitas Converse Head

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v9i5.17131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417