IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH DI SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR YOGYAKARTA)
Puji Lestari, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Aris Martiana, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah dan implementasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah di SMK N 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta) yang menjadi ekosistem moral. Metode yang digunakan adalah motode kualitatif deskriptif dengan mengambil subjek penelitian yang terdiri atas kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data selanjutnya dianalisis melalui model interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan kultur sekolah yang terdapat di SMK N 3 Kasihan terbagi menjadi dua lapisan, yaitu yang teramati dan yang tak teramati. Lapisan teramati terdiri dari tata letak, atribut dan simbol, dan aktivitas. Lapisan kedua yaitu yang teramati terdiri dari keyakinan kebebasan untuk berekspresi, merdeka dalam berkarya, semangat kebersamaan, semangat persaingan dan prestasi. Implementasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah di SMK N 3 Kasihan mampu menjadi ekosistem moral pendidikan. Unsur-unsur dalam membentuk lingkungan yang ramah moral tersebut adalah norma yang diyakini bersama yaitu Kreatif dan Mandiri, terdapat peraturan-peraturan yang mengawal pendidikan karakter. Norma dan peraturan tersebut koheren dengan regulasi yang ada. Selanjutnya konsistensi dalam melaksanakan pendidikan karakter berwujud pada programprogram yang terdapat di setiap momen pendidikan, yaitu Dies Natalies, Stakeholder program pendidikan karakter, dan Bakti Seni. Setelah diadakan refleksi muncul nilai-nilai yang telah dikembangkan dalam ekosistem moral pendidikan SMK N 3 Kasihan yang memiliki dua orientasi yaitu pertama produktif berupa teliti, kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab, jujur, kerja cepat, kerja bagus, bersaing. Dan kedua nilai sosial kemasyarakatan berupa kerjasama, bersosialisasi, gotongroyong, menjalin hubungan dan berorganisasi dengan baik, senyum, sapa, salam, sopan, santun, menghargai
Keywords
Pendidikan Karakter, Kultur Sekolah, SMK N 3 Kasihan (SMSR Yogyakarta)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v9i4.17127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417