IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KKO DALAM KEGIATAN OLAHRAGA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA
Puji Lestari, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan karakkter bagi siswa KKO
dalam kegiatan olahraga di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatf deskripstif. Dalam pengambilan sampel menggunkan teknik purposive sampling dengan
narasumber penelitian berjumlah 7 orang yang terdiri atas kepala sekolah, guru olahraga, pelatih
olahraga dan siswa dari kelas KKO. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, sedangkan
untuk teknik analisis data yaitu teknik analisis data milik Miles dan Huberman yang meliputi
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa dalam kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh anak-anak KKO terdapat
pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan olahraga ialah nilai
disiplin, nilai kerja keras, nilai sportifitas, nilai etika sopan santun dan nilai kerja sama. Dalam
penerapan pendidikan karakter di laksanakan dengan melibatkan seluruh warga sekolah, di
implementasikan melalui intrakurikuler kokurikuler dan ekstrakurikuler, di buat aturan-aturan dan
habit (kebiasaan). Terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter. Upaya dalam mengatasi hambatan yang terdapat dalam mengtasi hambatakan
dilaksanakan melalui menjalin komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua, pendidikan karakter
di luar kelas, terdapat aturan atau tata tertib.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v9i3.17115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417