PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS SENAM CAMOEL CLUB KEBUMEN
Nur Hidayah, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan dalam menjalankan senam dan
perilaku konsumtif pada anggota komunitas senam Camoel Club. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Kebumen. Informan
berjumlah 8 orang menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu founder
komunitas senam Camoel Club dan para anggota aktif dengan frekuensi kedatangan minimal
lima kali dalam satu bulan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan
studi pustaka. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data
menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
dalam menjalankan senam para anggota mempunyai beberapa alasan, yakni hidup sehat,
menambah pengetahuan tentang senam dan pengaruh dari teman. Adanya konsumsi pada
atribut senam bermerek dipandang memiliki prestise dalam kegiatan senam maupun event di
luar komunitas. Kegiatan pemenuhan tersebut membawa anggota menjadi konsumtif.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v9i3.17112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417