INSTAGRAM SEBAGAI PRESTISE SOSIAL MAHASISWA UNY

Mari Paskalia Nugraheni, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial Instagram memberikan
pengaruh pada prestise sosial, serta penggunaanInstagram dapat menunjukkan kelas sosial di
kalangan mahasiswa UNY. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pengambilan
sampel adalahSnowball Sampling sebanyak13 orang.  Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi.
Analisis data menggunakan metode analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa, Instagram mampu mempengaruhi prestise sosial seorang mahasiswa. Hal
ini dapat dilihat dari aktivitas informan selalu ingin menunjukkan eksistensinya untuk
memperoleh suatu pengakuan dengan mengunggah konten-konten yang menarik dan layak
diunggah.  Status sosial pengguna Instagram dapat dilihat dari seperti apa foto-foto yang
diunggah, storygram, jumlahfollowers dan like, serta fitur tagyang pengguna sematkan.  Dari
adanya keinginan untuk diakui inilah yang membuat para pengguna Instagram menjadi lebih
selektif dalam mengunggah konten. Selain itu pengguna juga lebih kreatif dan inovatif agar
konten yang mereka unggah mampu menarik perhatian khalayak.

Kata kunci :Instagram, Prestise Sosial, Mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v8i3.15696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417