KORELASI MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TENTARA dr. SOEDJONO MAGELANG
Amika Wardana, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi mutu pelayanan kesehatan terhadap
kepuasan pasien. Fokus penelitian ini menguji hipotesis dengan H1: terdapat korelasi positif
antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien di Rumah Sakit Tentara dr. Soedjono Magelang
dan H0: terdapat korelasi negatif antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien di Rumah
Sakit Tentara dr. Soedjono Magelang. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random
Sampling. Kriteria sampel yakni pasie yang dirawat minimal 2 hari. Besar sampel dalam
penelitian menggunakan perhitungan Slovin, berdasarkan data yang di peroleh dalam hasil
pra penelitian, peneliti mendapatkan informasi jumlah pasien untuk kelas 1 dan kelas 3
sebanyak 173 pasien. Dari 173 orang tersebut peneliti mengambil sampel penelitian 121
pasien untuk dijadikan responden dengan menggunakan perhitungan Slovin dengan margin
eror sebesar 5%. Hasil yang didapatkan penelitian ini dengan menggunakan korelasi
bivariate antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien menghasilkan skor Pearson
Correlation sebesar dengan r = 0,797 dan nilai signifikansi ρ= 0,000 yang artinya tingginya
mutu pelayanan kesehatan berasosiasi dengan tingginya kepuasan pasien. Terkait dengan
hasil skor Pearson Correlation sebesar 0,797 maka manjawab hipotesis penelitian ini
dengan gagal tolak H1. Nilai positif menunjukkan hubungan searah (X naik maka y naik).
Hasil korelasi r = 0,797 hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara mutu
pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Arah hubungan positif karena nilai r positif.
Kesimpulannya semakin tinggi mutu pelayanan maka semakin meningkat kepuasan pasien.
Kata Kunci : Korelasi, Mutu pelayanan kesehatan, Kepuasan Pasien
kepuasan pasien. Fokus penelitian ini menguji hipotesis dengan H1: terdapat korelasi positif
antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien di Rumah Sakit Tentara dr. Soedjono Magelang
dan H0: terdapat korelasi negatif antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien di Rumah
Sakit Tentara dr. Soedjono Magelang. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random
Sampling. Kriteria sampel yakni pasie yang dirawat minimal 2 hari. Besar sampel dalam
penelitian menggunakan perhitungan Slovin, berdasarkan data yang di peroleh dalam hasil
pra penelitian, peneliti mendapatkan informasi jumlah pasien untuk kelas 1 dan kelas 3
sebanyak 173 pasien. Dari 173 orang tersebut peneliti mengambil sampel penelitian 121
pasien untuk dijadikan responden dengan menggunakan perhitungan Slovin dengan margin
eror sebesar 5%. Hasil yang didapatkan penelitian ini dengan menggunakan korelasi
bivariate antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien menghasilkan skor Pearson
Correlation sebesar dengan r = 0,797 dan nilai signifikansi ρ= 0,000 yang artinya tingginya
mutu pelayanan kesehatan berasosiasi dengan tingginya kepuasan pasien. Terkait dengan
hasil skor Pearson Correlation sebesar 0,797 maka manjawab hipotesis penelitian ini
dengan gagal tolak H1. Nilai positif menunjukkan hubungan searah (X naik maka y naik).
Hasil korelasi r = 0,797 hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara mutu
pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Arah hubungan positif karena nilai r positif.
Kesimpulannya semakin tinggi mutu pelayanan maka semakin meningkat kepuasan pasien.
Kata Kunci : Korelasi, Mutu pelayanan kesehatan, Kepuasan Pasien
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v8i2.15684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417