ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEBAHAGIAAN RUMAH TANGGA KELUARGA INDONESIA

Wika Rintan Saputri, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Adi Cilik Pierewan, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh hubungan tingkat pendidikan terhadap kebahagiaan rumah tangga keluarga Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan data Indonesia Life Survei (IFLS) 5 tahun 2015. Subjek dalam penelitian ini  dalah responden rumah tangga keluarga Indonesia usia sekolah 7-19 tahun keatas, dengan menggunakan olah data R studio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap kebahagiaan yang ditunjukkan dengan besarnya p-value <2.2e-16. Dengan menggunakan dummy tingkat pendidikan, tingkat pendidikan responden SMP berpengaruh siginifikan terhadap kebahagiaan terbukti dengan hasil uji ststistik regresi linier berganda dengan nilai p-value <2e-16 dengan taraf signifikan nyata sebesar 0,1 persen. Tingkat pendidikan SMA berpengaruh terhadap kebahgaian rumah tangga keluarga Indonesia dengan nilai p-value sebesar <2e-16 signifikan taraf nyata sebesar 0,1 persen. Variabel tingkat pendidikan PT berpengaruh sebesar <2e-16 dengan signifikan taraf nyata sebesar 0,1 persen. Untuk jenis kelamin perempuan dalam signifikan kebahagiaanya sebesar 1,68e-05 signifikan positif.

Kata kunci: tingkat pendidikan, kebahagiaan, jenis kelamin


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i5.12637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417