PERILAKU BELANJA PRODUK TAS TIRUAN BERMEREK EKSKLUSIF SEBAGAI BENTUK REPRESENTASI IDENTITAS DIRI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Grendi Hendrastomo, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui faktor pendorong, pengaruh, dan juga dampak yang ditimbulkan dari adanya perilaku belanja produk tas tiruan bermerek eksklusif di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan juga sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber, serta teknik analisis data menggunakan model analisis dataMiles dan Hubberman. Hasil penelitian ini memperlihatkan beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam berbelanja produk tas tiruan yaitu: pencarian identitas diri, meningkatkan status sosial, adanya kepercayaan terhadap barang tiruan dan gaya hidup. Pengaruh perilaku belanja produk tas tiruan bagi mahasiswa adalah proses pencarian identitas diri yang didukung melalui produk tas tiruan sebagai symbol diantaranya. Dampak yangditimbulkan dari adanya perilaku belanja produk tas tiruan adalah mahasiswa menjadi boros dan dapat menimbulkan rasa cemas jika tidak mampu memenuhi hasrat belanjanya.
Kata Kunci : Belanja, Merek, Identitas Diri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i5.12636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417