JARINGAN SOSIAL PEDAGANG MARTABAK (LEBAKSIU)

Laras Nurroyani, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Grendi Hendrastomo, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui pola jaringan pedagang martabak Lebaksiu dan dinamika jaringan pada pedagang martabak lebaksiu yang ikut ikatan keluarga lebaksiu dan tidak ikut ikatan keluarga lebaksiu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling, dimana informan yang diambil ditentukan berdasarkan kriteria tertentu, serta teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini memperlihatkan beberapa temuan bahwa pola jaringan terdiri dari keluarga, ketetanggaan, dan patron clien. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukan adanya dinamika jaringan yang berasal dari dorongan dan perkembangan pedagang martabak yang ikut ikatan keluarga Lebaksiu dan tidak ikut ikatan keluaraga Lebaksiu.   

Kata Kunci: Jaringan Sosial, Paguyuban, Pedagang Martabak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i5.12622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417