SOLIDARITAS VIRTUAL ANTAR MEMBER GAME CLASH OF CLANS DI CLAN SOLOKEN5
Nur Hidayah, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Clash of Clans adalah game strategi yang sedang digandrungi oleh banyak orang, yang dimainkan dengan perangkat berbasis Android ataupun iOS yang diprogam agar setiap pemain untuk membentuk sebuah koloni atau kelompok virtual antar pemain yang disebut clan. Penelitian ini terfokus kepada clan bernama SoloKEN5, yang memiliki anggota heterogen, kemudian mampu menimbulkan sebuah solidaritas antar anggota clan SoloKEN5. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk solidaritas dan faktor yang mendorong terbentuknya solidaritas antar anggota clan SoloKEN5. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data terdiri dari anggota aktif dari clan SoloKEN5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemilihan subyek adalah purposive sampling. Subyek penelitian berjumlah 11 orang. Adapun validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber, serta analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Hubberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya bentuk solidaritas organik yang muncul dari norma kurang mengikat serta spesialisasi dan pembagian kerja yang ada di dalam clan, bentuk solidaritas sosial tersebut adalah: (1) memberikan donasi troops dan spell (2) kerjasama antar anggota (3) melakukan kegiatan sosial. Faktor pendorong solidaritas tersebut adalah: (1) interaksi intens antar anggota (2) kesadaran sebagai anggota (3) motivasi meningkatkan level permainan (4) mempererat kerukunan anggota,adapun faktor penghambat solidaritas sosial tersebut yaitu: (1) kurangnya informasi antar anggota (2) faktor geografis (3) perbedaan tingkat permainan dan usia, dampak yang ditimbulkan dari adanya solidaritas tersebut antara lain (1) semakin eratnya solidaritas (2) semakin tingginya presentase kemenangan clan war (3) memperluas pergaulan.
Kata Kunci : Clash of Clans, Solidaritas Virtual, SoloKEN5
Kata Kunci : Clash of Clans, Solidaritas Virtual, SoloKEN5
Full Text:
Download PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i3.12553
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417