KULTUR SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN GOOD SCHOOL (SEKOLAH EFEKTIF) DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Marfuaisya Nur Diani, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Farida Hanum, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mendeskripsikan kultur  sekolah baik fisik maupun non fisik, peran kultur sekolah dalam  mengembangkan good school, dan program-program yang dilakukan
sekolah untuk mendukung good school di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangualisi metode dan sumber
serta analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Heberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kultur fisik dan non fisik mampu mengembangkan good school. Programprogram yang mendukung good school seperti Gerakan Literasi Sekolah, LDMI, Padmanaba Science  Expo,  penumbuhan  budi pekerti, pendalaman iman masing-masing agama, pembuatan tata  tertib sekolah, SEMUTLIS, PJRC, stadium general kewirausahaan,  pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, PPHP tahun 2017, dan event- event sekolah. 
Kata Kunci : Kultur Sekolah SMA Negeri 3, Program Good School

Full Text:

Download PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i2.12415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417