PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU IPS TERHADAP NILAI-NILAI DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 8 YOGYAKARTA

Topan Ariyanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap nilai-nilai demokrasi peserta didik; (2) Pengaruh variasi gaya mengajar guru IPS terhadap nila-nilai demokrasi peserta didik; (3) Pengaruh strategi pembelajaran dan variasi gaya mengajar guru IPS secara bersama-sama terhadap nilai-nilai demokrasi peserta didik kelas VII di SMPN 8 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 8 Yogyakarta yang berjumlah 318 siswa. Sampel
penelitian ini berjumlah 177 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini yaitu validitas konstruk dengan ahli dan validitas empiris dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, serta pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis ketiga.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran terhadap nilai-nilai demokrasi peserta didik,jika strategi pebelajaran yang dilakukan oleh
guru IPS baik dapat mempengaruhi nilai-nilai demokrasi peserta didik menjadi lebih baik; (2) terdapat
pengaruh positif dan signifikan variasi gaya mengajar guru IPS terhadap nilai-nilai demokrasi peserta didik, jika variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh guru IPS baik dapat mempengaruhi nilai-nilai demokrasi peserta didik menjadi lebih baik; dan(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi pembelajaran dan variasi gaya mengajar guru IPS secara bersama-sama terhadap nilai-nilai peserta didik kelas VII SMPN 8 Yogyakarta, jika strategi pembelajaran dan variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh guru IPS baik dapat mempengaruhi nilai-nilai demokrasi peserta didik menjadi lebih baik.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Variasi Gaya Mengajar Guru IPS, Nilai-Nilai Demokrasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com