PERBEDAAN PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP N 1 MINGGIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT DAN MAKE A MATCH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII dengan menggunakan metode Card Sort dan Make A Match di SMP N 1 Minggir.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain pretest-posttest non equivalent multiple groups design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dari populasi yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Minggir. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII C dan VIII D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Validitas instrumen dihitung dengan Product Moment dan uji reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbachâs. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan teknik analisis deskriptif dengan perhitungan hasil angket menggunakan analisis Independent Sampel T-test.
Hasil analisis uji-t dari hasil angket menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di kelas eksperimen 1 (Card Sort) lebih tinggi daripada kelas eksperimen (Make A Match). Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII menggunakan metode Card Sort dan Make A Match di SMP N 1 Minggir.
Kata kunci: Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS, Metode Card Sort, Metode Make A Match.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________