PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII MTs NEGERI GALUR TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kreativitas mengajar guru IPS kelas VIII MTs Negeri Galur, (2) prestasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs Negeri Galur, (3) pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Galur semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII Mts Negeri Galur yang berjumlah 127 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yakni kreativitas mengajar guru dan variabel terikat prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas mengajar guru IPS kelas VIII MTs Negeri Galur sebagian besar (50,4%) termasuk kategori cukup, (2) prestasi belajar siswa Kelas VIII MTs Negeri Galur sebagian besar (66,1%) termasuk kategori cukup, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS kelas VIII MTs Negeri Galur tahun ajaran 2016/2017, ditunjukkan dengan (rxy) sebesar 0,731 dan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,731 >
0,1466). Koefisien determinan (R2) sebesar 0,534 artinya 53,4% prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh
kreativitas mengajar guru.
Kata kunci : kreativitas mengajar guru, prestasi belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________