PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR KOMIK EDUKASI BENCANA ALAM DI INDONESIA UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VII

Uswatun Chasanah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan sumber belajar IPS berbentuk Komik Edukasi Bencana Alam untuk peserta didik SMP kelas VII pada materi Letak Wilayah dan Pengaruhnya Bagi Keadaan Alam Indonesia, 2) mengetahui kelayakan sumber belajar IPS berbentuk Komik Edukasi Bencana Alam untuk peserta didik SMP kelas VII berdasarkan penilaian ahli materi, ahli sumber belajar, tanggapan guru IPS, dan tanggapan pesertadidik SMP kelas VII.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model 4D. Komik edukasi diujicobakan kepada peserta didik kelas VII SMP Negri 1 Imogiri dalam uji coba kelompok kecil berjumlah 6 orang dan kelompok besar yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk dengan spesifikasi sumber belajar komik edukasi bencana alam di Indonesia untuk peserta didik SMP Kelas VII dengan materi âLetak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesiaâ.2) Tingkat kelayakan Komik edukasi bencana alam di Indonesia dapatdilihat pada: a. Hasil validasi ahli materi dengan total rata-rata skor 4,03atau kategori Layak, b. validasi ahli sumber belajar dengan skor 3,63 atau kategori Layak, c. tanggapan oleh guru IPS dengan skor 4,96 atau kategori Sangat Layak, dan d. peserta didik dengan skor 4,08 atau kategori Layak.

Kata kunci: Komik sebagai sumber belajar, edukasi, bencana alam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com