PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEPENGURUSAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 NGAGLIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Estri Nur Komaliah,

Abstract


Keaktifan Siswa dalam kepengurusan OSIS merupakan faktor yang diduga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat keaktifan pengurus Organisasi Siswa Inta Sekolah; (2) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa yang mengikuti kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah; dan (3) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngaglik tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat noneksperimental yaitu penelitian Ex Post Facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti kepengurusan OSIS yaitu sebanyak 34 siswa. Data tentang keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS diambil dengan instrumen angket, sedangkan untuk data prestasi belajar IPS diambil dengan menggunkan metode dokumentasi yaitu nilai rapot siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji linieritas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan teknik analisis regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS pada kategori Sangat Tinggi 14,7%, kategori Tinggi 61,6%, kategori Sedang 17, 6%, kategori rendah 5,9 % dan tidak ada siswa dengan kategori sangat rendah atau 0%, (2) prestasi belajar mata pelajaran IPS pada kategori Sangat Baik 29,4%, kategori Baik 70,6% dan tidak ada siswa dengan kategori Sedang, Rendah dan Sangat Rendah, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap prestasi belajar pada
mata pelajaran IPS dengan nilai ðâð��ðð 0,409 > ð���ðð 0,339. Nilai Sig 0,016 < taraf signifikansi
0,05. Persamaan regresi Y= 67,748 + 0,255X menunjukkan bahwa penerapan keaktifan siswa
dalam kepengurusan OSIS bertambah satu, maka prestasi belajar bertambah 0,255. Nilai
determinasi ð2= 0,168 yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan
OSIS terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS adalah 16,8% sehingga masih terdapat
83,2% faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: keaktifan siswa, OSIS, prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com