UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII D SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA
Abstract
Salah satu upaya untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan metode Problem Based Lerning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS di kelas VII D SMP Negeri 4 Yogyakarta. (2) peningkatan kemampuan berpikir krkitis siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Yogyakarta dengan menggunakan metode Problem Bassed Learning.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kemmis dan Taggart dengan langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas data menggunakan expert judgement dan Realibilitas data menggunakan metode Alpha-Cronbanch. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII D SMP Negeri 4 Yogyakarta dapat dilakukan dengan menggunakan metode problem based learning dengan langkah-langkah
sebagai berikut: guru memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada siswa, mengorganisasikan siswa untuk meneliti, membantu investigasi mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil, serta menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah. (2) Penggunaan metode problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil angket menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari rata-rata persentase seluruh indikator berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 70,53% menjadi 77,51% pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu
â¥75%, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci : Metode Problem Bassed Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________