PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MATERI KEHIDUPAN PADA MASA PRAAKSARA DI INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pengembangan modul pada mata pelajaran IPS dengan materi Kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia; 2) kelayakan modul mata pelajaran IPS dengan materi Kehidupan Pada Masa Praaksara di Indonesia oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS dan siswa.
Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta kelas VII C yang berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, guru dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: melihat potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi modul, revisi tahap I, uji coba, revisi tahap II, dan produk akhir Modul Ilmu
Pengetahuan Sosial dengan Materi Kehidupan pada Masa Praaksara di Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VII. 2) Modul Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Materi Kehidupan pada Masa Praaksara di
Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VII dinyatakan layak dengan hasil akhir yaitu a) validasi ahli
materi sebesar 4,6 dengan kategori âSangat Baikâ; b) validasi ahli media sebesar 3,9 dengan kategori
âBaikâ; c) validasi guru sebesar 4,45 dengan kategori âSangat Baikâ; d) validasi menurut siswa
sebesar 4,22 dengan kategori âSangat Baikâ. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan Modul Ilmu
Pengetahuan Sosial dengan Materi Kehidupan pada Masa Praaksara di Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VII ini memiliki rerata skor 4,29 dengan kategori âSangat Baikâ sehingga âLayakâ untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: Modul IPS, Sumber belajar, Praaksara
Full Text:
PDFReferences
Sudrajat, Suparmini. (2015). Strategi Cooperative Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pembayaran IPS di SMP, JIPSINDO, 2(2), 120-142.
Sudrajat (2014), Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, JIPSINDO, 1(1), 1-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________