PENGARUH INTEGRASI ETIKA LALU LINTAS DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PERILAKU TERTIB DI JALAN RAYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Septi Nur Damayanti,

Abstract


Integrasi etika lalu lintas dalam pembelajaran IPS merupakan faktor yang diduga berpengaruh terhadap perilaku tertib di jalan raya siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh integrasi etika lalu lintas dalam pembelajaran IPS terhadap perilaku tertib siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan bersifat ex-postfacto. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 14 Yogyakarta yang berjumlah 138 siswa, teknik sampling yang digunakan adalah propotional random sampling diperoleh sampel 98 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas serta uji linearitas, dan
pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara integrasi etika lalu lintas dalam pembelajaran IPS terhadap perilaku tertib di jalan raya siswa
kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Siswa menjadi lebih memahami dan mematuhi
rambu-rambu lalu lintas yang meliputi: rambu-rambu petunjuk, peringatan, larangan, dan perintah. Oleh karena itu, semakin baik integrasi etika lalu lintas dalam pembelajaran IPS
maka semakin meningkat perilaku tertib siswa di jalan raya.

Kata Kunci: Integrasi Etika Lalu Lintas dalam Pembelajaran IPS, Perilaku Tertib di Jalan Raya, Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com