STUDI EKSPLORASI KESULITAN GURU IPS SMP DI KOTA YOGYAKARTA DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN IPS BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Kesulitan yang dialami guru dalam penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan suatu fenomena
yang perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis-jenis kesulitan dan persentase Guru IPS SMP di Kota
Yogyakarta yang mengalaminya selama melakukan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini
merupakan penelitian eksploratif. Populasi penelitian adalah Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang pernah
mengajar dengan Kurikulum 2013 sejumlah 129 guru. Jumlah sampel sebanyak 95 guru diambil berdasarkan tabel
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional cluster
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen
dengan Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas dengan Kuder Richardson-20. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan yang
dialami Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta selama melakukan penilaian pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum
2013 meliputi kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil.
Persentase Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang mengalami kesulitan pada perencanaan sebesar 59,63%,
pelaksanaan sebesar 51,71%, pengolahan dan pelaporan sebesar 63,05%, serta pemanfaatan hasil sebesar 50,88%.
yang perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis-jenis kesulitan dan persentase Guru IPS SMP di Kota
Yogyakarta yang mengalaminya selama melakukan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini
merupakan penelitian eksploratif. Populasi penelitian adalah Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang pernah
mengajar dengan Kurikulum 2013 sejumlah 129 guru. Jumlah sampel sebanyak 95 guru diambil berdasarkan tabel
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional cluster
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen
dengan Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas dengan Kuder Richardson-20. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan yang
dialami Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta selama melakukan penilaian pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum
2013 meliputi kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil.
Persentase Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang mengalami kesulitan pada perencanaan sebesar 59,63%,
pelaksanaan sebesar 51,71%, pengolahan dan pelaporan sebesar 63,05%, serta pemanfaatan hasil sebesar 50,88%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________