PEMBELAJARAN KOLABORATIF METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI HIDROSFER SISWA SMA NEGERI 1 SURAKARTA TA 2022/2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Surakarta dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw pada materi dinamika hidrosfer. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023 melalui 2 siklus pembelajaran. Subjek dalam PTK ini adalah siswa kelas X6 SMAN 1 Surakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode Jigsaw. Pada hasil post test siklus I dan siklus 2, persentase keduanya sama yaitu 86,11% dibandingkan dengan hasil pre test sebesar 11,11%. Sehingga penggunaan metode Jigsaw pada mata pelajaran Geografi terhadap hasil belajar disimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X6 SMAN 1 Surakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________