PEMBELAJARAN KOLABORATIF METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI HIDROSFER SISWA SMA NEGERI 1 SURAKARTA TA 2022/2023

Diana Prasastiawati, Yogyakarta State University

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Surakarta dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw pada materi dinamika hidrosfer. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023 melalui 2 siklus pembelajaran. Subjek dalam PTK ini adalah siswa kelas X6 SMAN 1 Surakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode Jigsaw. Pada hasil post test siklus I dan siklus 2, persentase keduanya sama yaitu 86,11% dibandingkan dengan hasil pre test sebesar 11,11%. Sehingga penggunaan metode Jigsaw pada mata pelajaran Geografi terhadap hasil belajar disimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X6 SMAN 1 Surakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com