PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP/MTS DI KECAMATAN LOANO KABUPATEN PURWOREJO

Maratus Solichah,

Abstract


Tingkat minat membaca siswa menjadi faktor pendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP/MTs di Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan  adalah survei. Sampel penelitian siswa dari berbagai SMP/MTs di Kecamatan Loano berjumlah 341 siswa teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan yang diberikan oleh minat baca siswa terhadap prestasi belajar IPS dengan signifikansi sebesar 0.000 (< 0.05). Koefisien determinasi () sebesar 0,236 yang artinya minat baca memberikan kontribusi sebesar 23,6% terhadap prestasi belajar IPS dan sisanya 76,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi dalam penelitian ini yaitu perlunya pemberdayaan program-program literasi di sekolah dan pengembangan strategi pembelajaran yang mendorong minat membaca siswa. Dengan demikian diharapkan dapat terjadinya peningkatan prestasi belajar IPS siswa di wilayah Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo.


Full Text:

PDF

References


Arifin, A., Z. Fatika Sari Y., Sudrajat (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92-101.

Desiany, M., Komalasari, K., & Anggraini, D. (2024). The influence of cyber culture on students’ digital literacy. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 171-183. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.72918

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Muhammad Nur, D., & Zubair, A. (2024). Environmental conservation efforts for disaster mitigation based on local wisdom in Colo Dawe. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 152-170. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.73241

Nur Ramadani, A., Anwar, A., Ramli, N., Said, H., & Herawaty, H. (2024). The internalization of Pappaseng's value in social studies learning. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 118-132. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.68480

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Rohmah, P. A., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Rohmah, P. A., Widiastuti, A., Sudrajat. (2024). Analysis of the Readiness Level of Junior High School Teachers: Implementation of the Merdeka Curriculum in North Ternate City, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 11(12), 12-11. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i12.6264

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032

Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Sunyoto, T., Imron, A., & Mujahidin, M. (2024). Development of stop motion-based macromedia flash to strengthen nautical character. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 133-151. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.71786

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721

Tianti, T., Komalasari, K., & Ratmaningsih, N. (2024). Implementation of project-based learning social studies in independent curriculum to reduce students' social loafing. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 106-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.70758

Wibowo, S., & Dhewantoro, H. (2024). The utilization of the Indonesian Karst Museum for Social Sciences learning in middle school. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 184-193. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.77785

Widiastuti, A., Mulyani, E., Riani, L., Saputri, A., & Samsudin, N. (2024). Community Empowerment Strategy Based on Social Entrepreneurship Values Through Village-Owned Enterprise in Indonesia: The Contribution for Social Studies Education. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 11(2), 194-213. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.76897


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com