ANALISIS POTENSI DAN KELAYAKAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA EDUKATIF DI DESA WISATA BABAKAN KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Adhietya Eka Andjasmara, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) potensi yang dimiliki Desa Wisata Babakan sebagai objek wisata edukatif dan (2) tingkat kelayakan pengembangan objek wisata di Desa Wisata Babakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yaitu Ketua Desa Wisata Babakan, dan Sekretaris Bendahara Desa Wisata Babakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Wisata Babakan memiliki potensi fisik berupa Sungai Progo digunakan untuk susur sungai, Jembatan Pandansimo, Gerbang Progo untuk melihat pemdangan matahari terbenam, peternak sapi, peternak kambing, petani tumbuhan Indigofera, dan petani tanaman kacang koro lalu potensi non-fisik berupa kerajinan batik dari pewarna alami, olahan makanan dari kacang koro, dan pasar kenangan. serta didukung dengan komponen wisata lain yaitu aksesbilitas, akomodasi, dan sarana-prasarana yang layak. Desa Wisata Babakan memiliki Tingkat kelayakan pengembangan desa wisata adalah 72,2% (layak dikembangkan).


Full Text:

PDF

References


Agistiyana, D. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Outdoor Learning Berbasis Eco-Edutaiment terhadap Hasil Belajar Geografi Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kutasari Purbalingga. Artikel Skripsis. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES .

Arafah, N. d. (2012). Analisis Kelayakan Pengembangan Ekowisata Di kawasan Hutan Lindung Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Layanan Kehutanan Masyarakat, Vol 1 No. 1.

Ardika, I. G. (2018). Kepariwisataan Berkelanjutan: Rintis Jalan Lewat Komunitas. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Dembovska, I. S. (2016). “Educational Tourism in The Training of Future Tourism Profesionals". Society Integration Education, Vol.4, hal 245-255.

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. (2019). Kajian Length of Stau Kabupaten Bantul 2019 (Laporan Akhir). Yogyakarta: Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Dirjen, D. K. (2003). Pedoman analisis daerah operasi obyek dan daya tarik wisata alam (ADO-ODTWA). Bogor: Dirjen PHKA.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hayani, S. d. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Outdoor Study pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkungan Hidup Kelas XI-IPS di SMA Negeri se-Kabupaten Pekalongan. Edu Geography, 28.

Hermawan, H. (2017). Wisata Edukasi Kampung Tulip. Bandung: STP ARS International dan AKPAR BSI.

Karsudi, R. S. (2010). Strategi Pengembangan Ekowisata di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua . JMHT Vol.XVI, 148-154.

Lansing, P. D. (2014). Sustainable tourism : ethical alternative or marketing ploy? Journal of Business Ethics. Vol.72. No. 1, Hal.77-85.

Ma’rif, S. d. (2014). Alternatif Strategi Pengembangan Desa Rahtawu Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Kudus. Jurnal wilayah dan lingkungan Volume 2 Nomor 3, Hal: 245-256.

Ma'arif, F. d. (2017). Manfaat Pengembangan Desa Wisata Wonolopo terhadap Kondisi Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Lokal. Jurnal wilayah dan lingkungan , 29-44.

Nurhajati, N. (2017). Dampak Pengembangan Desa Wisata Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal, 6.

Pramono, A. Y. (2023). Tergusur Proyek Jembatan, Warga di Bantul Kembangkan Desa Wisata. Yogyakarta: Harian Jogja. Dipetik Januari 24, 2023, dari https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2023/01/12/511/1122974/tergusur-proyek-jembatan-warga-di-bantul-kembangkan-desa-wisata

Prasetya, A. D. (2016). Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.33 No.2, Hal. 18-24.

Prastanti, A. N. (2015). Pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir sebagai Objek Wisata Edukatif di Desa Sukaharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Artikel Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES.

Priyanto Rahmat, D. S. (2018). Perancangan Model WIsata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal ABDIMAS BSI, 32-38.

Rudiarto, I. d. (2014). Potensi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Rawa Pening, Kabupaten Semarang. Jurnal Teknik PWK Volume 3 Nomor 1, Hal. 71-81.

Saliman, Satriyo Wibowo, Anik Widiasuti, & Raras Gistha (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata: Studi Kaus di Desa Wisata Brajan Sleman Yogyakarta. JIPSINDO, 192-196.

Sharma, A. (2015). Educational Tourism: Strategy for Sustainable Tourism Deveplopment with Reference of Hadaubi and Shekhawati Regions of Rajasthan, India. Journal of Knowledge Management, Economics and Information Technology, Vol. 5, Issue 4.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo, S. S. (2017). Desain Model Wisata belajar di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta sebagai laboratorium luar kampus. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 90-100.

Sunarjaya, I. G. (2018). Kendala Pengembangan Desa Wisata Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung. Jurnal JUMPA Vol 4 No 2, 212-227.

Supriyadi, B. &. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suwandono, D. d. (2015). ‘Perencanaan Desa Wisata dengan pendekatan Konsep Community Based Tourism (CBT) di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak'. Jurnal RUANG (VOL.1) NO.2 , Hal 51-60.

Vries, L. &. (2014). Sustainable Tourism: Ethical Alternative or Marketing Ploy. Journal of Business Ethics, Vol.72. No.1. Hal.77-85 .

Yogyakarta, Dinas Pariwisata (2018). 17 Kampung Wisata Jogja. Diakses pada 2 Februari 2023 pada situs https://pariwisata.jogjakota.go.id/.

Arifin, A., Z. Fatika Sari Y., Sudrajat (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92-101.

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328

Rohmah, P. A., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Rohmah, P. A., Widiastuti, A., Sudrajat. (2024). Analysis of the Readiness Level of Junior High School Teachers: Implementation of the Merdeka Curriculum in North Ternate City, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 11(12), 12-11. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i12.6264

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641

Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032

Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta

Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com