KESIAPAN GURU IPS SMP DI KABUPATEN MAGELANG DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA

Nur Adissa Renityarani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Magelang dalam melaksanakan kurikulum merdeka Jenis penelitian merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah survey. Subjek penelitian ini yaitu seluruh guru IPS SMP di Kabupaten Magelang sebanyak 97 guru yang diambil menggunakan Purposive Sampling dimana hanya guru yang mengajar kelas dengan Kurikulum Merdeka. Analisis data menggunakan deskriptif kategorisasi yaitu spring jawaban subjek, membuat tabulasi data, menghitung total jawaban, mengelompokan hasil data, dan menampilkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Magelang memiliki rata-rata 149,02 yang mana angka tersebut masuk dalam kategori siap. Secara lebih rinci terdapat 27% (26 guru) yang berada pada kategori sangat siap, 58% (56 guru) berada pada kategori siap, 10% (10 guru) berada pada kategori cukup siap, 4% (4 guru) berada pada kategori tidak siap, dan 1% (1 guru) berada pada kategori sangat tidak siap.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikolog. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar

Balitbang Kemendikbud. (2019). Kajian Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Harmey, S., & Moss, G. (2021): Learning Disruption or Learning Loss: Using Evidence From Unplanned Closures to Inform Returning to School After COVID-19. Educational Review, DOI:10.1080/00131911.2021.1966389

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidika

Larasati, C. (2021). Survei IDEAS Beberkan Fakta Penurunan Kualitas Pendidikan Selama PJJ. Di akses pada 30 Januari 2023 pada https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ybJOvLWk-survei-ideas-beberkan-fakta-penurunan-kualitas-pendidikan-selama-pjj

Marera, A. (2022). Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss Pada Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 160-172.

Mujahidin, A. (2022). Disdikbud Kabupaten Magelang Terus Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Di akses pada 30 Januari 2023 pada https://borobudurnews.com/disdikbud-kabupaten-magelang-terus-sosialisasi-kurikulum-merdeka/

Prasetyo, B. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka di Kabupaten Magelang Belum Sepenuhnya Berjalan. Di akses pada 30 Januari 2023 pada https://betanews.id/2022/09/penerapan-kurikulum-merdeka-di-kabupaten-magelang-belum-sepenuhnya-berjalan.html

Puskurbuk. (2019). Kajian pengembangan dan implementasi kurikulum 2013

Wulandari, T. (2010). Pembelajaran IPS sebagai media penanaman nasionalisme. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 8(1), 75-85

Arifin, A., Z. Fatika Sari Y., Sudrajat (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92-101.

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328

Rohmah, P. A., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Rohmah, P. A., Widiastuti, A., Sudrajat. (2024). Analysis of the Readiness Level of Junior High School Teachers: Implementation of the Merdeka Curriculum in North Ternate City, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 11(12), 12-11. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i12.6264

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641

Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032

Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta

Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com