PENDIDIKAN HUMANIS DI SMP EKSPERIMENTAL MANGUNAN

Hermidamayanti Hermidamayanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan humanis di SMP Eksperimental Mangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis interaktif yang digunakan yaitu analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Eksperimental Mangunan telah menerapkan pendidikan humanis. Pendidikan humanis terlihat dari proses pembelajaran yang berfokus pada anak. Pendidikan humanis juga terlihat dari pemberian kebebasan pada anak, yaitu kebebasan berekspresi, menyampaikan pendapat, bertanya dan berkreasi termasuk dalam pembuatan proyek. Pendidikan humanis juga terlihat dari kedekatan yang terjalin antar warga sekolah. Kedekatan yang terjalin menjadikan siswa lebih nyaman untuk menyampaikan pendapatnya. Penilaian yang dilakukan di SMP Eksperimental Mangunan merupakan penilaian proses, sehingga penilaian bisa dilakukan setiap hari dengan melihat perkembangan anak.

Full Text:

PDF

References


Fauzi, A., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Konsep pendidikan humanistik perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 149-158. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3488

Freire, P. (2008). Pendidikan kaum tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Hastutiningsih, P., Putri, I. W., & Fauziati, E. (2021). Implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran perhiasan di SMK Negeri 9 Surakarta. Jurnal Pendidikan, 5 , 79-94. doi:https://doi.org/10.32533/05105.2021

Idham, M. S. (2023, Maret 13). Menyoal indekos di Yogyakarta yang kerap menolak mahasiswa Papua. tirto.id: https://tirto.id/menyoal-indekos-di-yogyakarta-yang-kerap-menolak-mahasiswa-papua-gDsc (diakses tanggal 26 September 2023)

Jauhari, M, I. (2020). Metode pendidikan humanis - religius dalam prespektif Al-Qur'an. Nuansa, 13(2), 212-222. doi:http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v13i2.3940

Kurniawati, F. N. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Mas'ud, A. (2002). Menggagas format pendidikan nondikotomik. Yogyakarta: Gama Media.

Muhammad, D, H. (2020). Implementasi pendidikan humanisme religiusitas dalam pendidikan agama islam di era revolusi industri 4.0. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 4(2), 122-131. doi:https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Rahmatia, S, R. (2022). Konsep pendidikan humanisme dalam pengembangan pendidikan islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1-9.

Sabaruddin. (2020). Sekolah dengan konsep pendidikan humanis. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20 (2), 147-162. doi:doi: 10.21831/hum.v20i2

Saliman. Wibowo, S. Widiastuti, A. et al. (2020). Evaluasi praktek pendampingan Best Practice untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS SMP di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pros. SemNas.PeningkatanMutuPendidikan, 1(1), 68 -73.

Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203-2019. doi:https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Sutarto. (2017). Gerakan sosial Romo Mangun. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Sutianah, C. (2021). Belajar dan pembelajaran . Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.

Umah, A. (2022, Juni 30). Setara institute nilai aturan wajib jilbab di SMPN 2 Turi diskriminatif. jogja.solopos.com: https://jogja.solopos.com/setara-institute-nilai-aturan-wajib-jilbab-di-smpn-2-turi-diskriminatif-1354014 (diakses tanggal 26 September 2023)

Widiastuti, A. (2012). Kompetensi mengajar guru IPS SMP. NUANSA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 95-106.

Widiastuti, A. Supriatna, N. Disman. et al. (2022). Pedagogi kreatif dalam pembelajaran IPS: studi di SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmiah: WUNY, 4(1), 1-15. doi: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.48379

Widiastuti, A. Supriatna, N. Disman. et al. (2022). Creative pedagogy as an innovation in social studies teaching and learning to promote 21st-century skills. ICERI 2021, 44-54. doi:10.2991/978-2-494069-67-1_6

Wulandari, T. Widiastuti, A., W. Nasiwan. et al. (2023). Development of learning models for inculcating Pancasila. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(03), 1364-1374.

Widodo, H. (2018). Pengembangan respect education melalui pendidikan humanis religius di sekolah. Lentera Pendidikan, 110-122. doi:https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1

Arifin, A., Z. Fatika Sari Y., Sudrajat (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92-101.

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328

Rohmah, P. A., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Rohmah, P. A., Widiastuti, A., Sudrajat. (2024). Analysis of the Readiness Level of Junior High School Teachers: Implementation of the Merdeka Curriculum in North Ternate City, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 11(12), 12-11. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i12.6264

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641

Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032

Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta

Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com