PENDIDIKAN HUMANIS DI SMP EKSPERIMENTAL MANGUNAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fauzi, A., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Konsep pendidikan humanistik perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 149-158. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3488
Freire, P. (2008). Pendidikan kaum tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
Hastutiningsih, P., Putri, I. W., & Fauziati, E. (2021). Implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran perhiasan di SMK Negeri 9 Surakarta. Jurnal Pendidikan, 5 , 79-94. doi:https://doi.org/10.32533/05105.2021
Idham, M. S. (2023, Maret 13). Menyoal indekos di Yogyakarta yang kerap menolak mahasiswa Papua. tirto.id: https://tirto.id/menyoal-indekos-di-yogyakarta-yang-kerap-menolak-mahasiswa-papua-gDsc (diakses tanggal 26 September 2023)
Jauhari, M, I. (2020). Metode pendidikan humanis - religius dalam prespektif Al-Qur'an. Nuansa, 13(2), 212-222. doi:http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v13i2.3940
Kurniawati, F. N. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Mas'ud, A. (2002). Menggagas format pendidikan nondikotomik. Yogyakarta: Gama Media.
Muhammad, D, H. (2020). Implementasi pendidikan humanisme religiusitas dalam pendidikan agama islam di era revolusi industri 4.0. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 4(2), 122-131. doi:https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581
Rahmatia, S, R. (2022). Konsep pendidikan humanisme dalam pengembangan pendidikan islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1-9.
Sabaruddin. (2020). Sekolah dengan konsep pendidikan humanis. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20 (2), 147-162. doi:doi: 10.21831/hum.v20i2
Saliman. Wibowo, S. Widiastuti, A. et al. (2020). Evaluasi praktek pendampingan Best Practice untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS SMP di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pros. SemNas.PeningkatanMutuPendidikan, 1(1), 68 -73.
Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203-2019. doi:https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Sutarto. (2017). Gerakan sosial Romo Mangun. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Sutianah, C. (2021). Belajar dan pembelajaran . Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.
Umah, A. (2022, Juni 30). Setara institute nilai aturan wajib jilbab di SMPN 2 Turi diskriminatif. jogja.solopos.com: https://jogja.solopos.com/setara-institute-nilai-aturan-wajib-jilbab-di-smpn-2-turi-diskriminatif-1354014 (diakses tanggal 26 September 2023)
Widiastuti, A. (2012). Kompetensi mengajar guru IPS SMP. NUANSA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 95-106.
Widiastuti, A. Supriatna, N. Disman. et al. (2022). Pedagogi kreatif dalam pembelajaran IPS: studi di SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmiah: WUNY, 4(1), 1-15. doi: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.48379
Widiastuti, A. Supriatna, N. Disman. et al. (2022). Creative pedagogy as an innovation in social studies teaching and learning to promote 21st-century skills. ICERI 2021, 44-54. doi:10.2991/978-2-494069-67-1_6
Wulandari, T. Widiastuti, A., W. Nasiwan. et al. (2023). Development of learning models for inculcating Pancasila. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(03), 1364-1374.
Widodo, H. (2018). Pengembangan respect education melalui pendidikan humanis religius di sekolah. Lentera Pendidikan, 110-122. doi:https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1
Arifin, A., Z. Fatika Sari Y., Sudrajat (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92-101.
Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906
Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16
Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915
Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023
Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310
Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543
Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328
Rohmah, P. A., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604
Rohmah, P. A., Widiastuti, A., Sudrajat. (2024). Analysis of the Readiness Level of Junior High School Teachers: Implementation of the Merdeka Curriculum in North Ternate City, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 11(12), 12-11. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i12.6264
Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641
Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032
Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663
Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta
Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954
Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p
Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702
Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743
Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697
Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501
Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306
Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.
Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________