IDENTIFIKASI NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DALAM MASYARAKAT KAMPUNG PRAI IJING SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui nilai-nilai budaya lokal apa yang terdapat di masyarakat Kampung adat Prai Ijing sebagai sumber belajar IPS dan (2) untuk mengetahui faktor apa yang mendukung budaya lokal di kampung adat Prai Ijing sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Kampung Prai Ijing, Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification/conclusions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai budaya lokal yang terdapat di masyarakat Kampung adat Prai Ijing sebagai sumber belajar IPS meliputi: nilai religius, nilai gotong royong, dan nilai kepemimpinan. (2) Faktor yang mendukung budaya lokal di kampung adat Prai Ijing sebagai sumber belajar IPS adalah faktor tangible/nampak yaitu: batu kubur, rumah adat dan benda-benda tradisional. Yang kedua faktor intangible/tidak nampak yaitu: kepercayaan marapu, urata, saizo.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. Z., & Soebani, B. A. (2014). Pengantar Sistem Sosial Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Alfan, M. (2013). Filsafat Kebudayaan. Bandung: Pustaka Setia.
Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif . Jakarta: Prenada Media Group.
Geertz, C. (1992). Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius Press.
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif:Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, S. H. (2021). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Historical Studies Journal, 1.
Hidayat , M. N. (2023). Kearifan Lokal Tanggui sebagai Sumber Belajar di Pendidikan IPS.
Hilman , I., & Hendriawan, N. (2018). Model Revitalisasi dan Pelestarian Kearifan Lokal dalam Mengelola Sumberdaya Air pada Masyarakat Kampung Kuta. Tasikmalaya: Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS IX.
Ismail, N. (2011). Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal. Bandung: Lubuk Agung.
Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kurniawan, F., & Parela, K. A. (2018). Sociopreneurship Masyarakat Gusuran dalam Membangun Konsep Kampung Wisata Tematik Topeng Malangan. Dialektika Masyarakat. Sosiologi, 35-48.
Kurniawan, V., & Tinus, A. (2019). Pelestarian Nilai Gotong-Royong Melalui Kelompok Seni Kuda Lumping. Jurnal Civic Hukum, 11.
Latif, A. (2007). Pendidikan berbasis nilai kemasyarakatan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lauren , C. C. (2023). Analisis Adaptasi Masyarakat Lokal Terhadap Perubahan Sosial dan Teori Budaya di Indonesia Ditinjau dari Perspektif Hukum Adat. Hukum dan HAM Wara Sains, 874-884.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musyarofah, Ahmad, A., & Suma, N. N. (2021). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Komojoyo Press.
Nasution, T., & Lubis, A. M. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Samudra Biru.
Rifa'i, K. M. (2016). Interalisasi Nilai Nilai Religius Berbasis Multikultural Dalam Membentuk Insan Kamil. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 118.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soekanto, S. (1982). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Cv Rajawali.
Soemantri, N. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Prenada Media Group.
Suryani, N., Achmad, S., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutardi, T. (2007). Antropologi Mengungkap Keragaman Budaya. Bandung: PT. Setia Purna Inves.
Syukur, F. (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasai media Group.
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa . Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.
Widodo, A. (2020). Nilai Ritual Perang Topat sebagai Sumber Pembelajaran IPS berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Sosial.
Wina, S. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
DD Utami, N Alfiyani, M Lingga, S Sudrajat (2023). Application of the Combined Learning Model of JIGSAW and AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Learning Methods in Social Sciences Subjects, JURNAL PENDIDIKAN IPS 13 (2), 278-283
Diah Hastuti, Sudrajat (2022). Gender Gap in Education and Employment in Asia: Indonesia and South Korea Compared Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16
Fariris, G. (2021). Kajian Transformasi Sustainable Tourism Melalui Konsep Zero Waste Family. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 78-102. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.39191
Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual Learning in Indonesia's First Secondary School: To Anticipate Learning Loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906
Gunawan, T. (2023). Problem based-learning supported flipped classroom approach to enhance collaborative skills. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 145-159. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.61999
Hadi, F., Purwadi, D., & Shahdan, A. (2023). Aspek humanistik dalam ayat Al Quran. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 160-172. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.56488
Hartati, Y., & Sabila, E. (2023). Pendidikan bagi masyarakat miskin di Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 11-24. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.51142
Hidayat, R. (2022). Peusijuek sebagai kearifan lokal Aceh dalam menghadapi globalisasi budaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 134-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52038
Imron, A., Pamungkas, D., Marzuqi, M., & Larasati, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Imron, A., Pamungkas, D., Marzuqi, M., & Larasati, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Inayah, A., Maftuh, B., & Kurniawati Sumantri, Y. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 173-187. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59735
Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915
Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing The Effective Communication of The Existence Of Implementing The Tradition Of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) In The Community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023
Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310
Mu’aini, M. (2016). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 15 KOTA YOGYAKARTA. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 44-62. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9669
Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, T., Rohman, S., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706
Nantana, M., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 69-87. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702
Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328
Rubiyatin, U. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media rekaman suara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 88-99. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.47154
Rudiana, Y., Ruhimat, M., & Sundawa, D. (2022). Pengaruh sikap ekoliterasi, dan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 177-191. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52305
Rukiati, E. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 24-43. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9664
Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641
Salamah, S., Wiramanggala, A., Aprilianti, A., Tunissa, I., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan media audio-visual IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 145-153. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.49251
Santosa, Y., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 192-204. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52427
Shasliani, S., Arafah, N., & Septiantoko, R. (2023). Model Pembelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 25-42. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53048
Sholeh, M., Affandi, I., Komalasari, K., & Wiyanarti, E. (2023). Model hipotetik pendidikan IPS berbasis pesantren untuk membangun kecerdasan sosial. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 188-206. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63359
Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KLATEN DAN MTS. WAHID HASYIM YOGYAKARTA. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663
Sudrajat Sudrajat. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954
Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Sudrajat, S. (2020). REVITALISASI NILAI-NILAI BUDAYA JAWA PADA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p
Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702
Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743
Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697
Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.
Widiatmaka, P., Hidayat, M., Yapandi, Y., & Rahnang, R. (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119-133. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526
Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2016). PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP SE- KECAMATAN KRETEK, BANTUL. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 79-100. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________