DAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA) TERHADAP KONDISI EKONOMI MASYARAKAT PADUKUHAN BAPANGAN, KALURAHAN GLAGAH, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan bandara YIA terhadap kondisi ekonomi masyarakat Padukuhan Bapangan Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo.Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif naturalistik, subjek penelitian, yaitu kepala dukuh Bapangan dan 6 informan dari masyarakat Padukuhan Bapangan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mengakibatkan berkurangnya aset masyarakat berupa lahan pertanian dan pemukiman, sehingga masyarakat membeli lahan tanah relokasi yang disediakan pemerintah. Selain itu, berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat Padukuhan Bapangan, yang berupa dampak positif dan negatif. dampak positifnya, yaitu menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar bandara, berkembangnya infrastruktur baik milik masyarakat pribadi maupun milik pemerintah, akses jalan umum semakin membaik dan mudah dijangkau. Kemudian dampak negatif, yaitu terjadinya alih fungsi lahan dari lahan pertanian menjadi Bandara YIA, sehingga masyarakat kehilangan pekerjaan yang semula petani sekarang menjadi buruh serabutan sehingga pendapatannya menurun. Penurunan pendapatan juga dikarenakan oleh berkurangnya jumlah lahan pertanian yang dimiliki oleh masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Alfa, A. (2019). Analisis keselarasan tujuan pembangunan berkelanjutan/sustainable development goals (TPB/SDGS) dengan rencana pembangunan jangka menengah Kabupaten Rokan Hulu tahun 2016-2021. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 5(1).
Asy’ari, Qaiyim. (2023). Mitigasi Bencana Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi. PT. Sonopedia Publishing Indonesia.
Badan Pusat Statistik Kecamatan Temon (2017). Kecamatan Temon Dalam Angka 2017.
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa) 2020-2022. Diakses dari https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html.
Banowati, E. (2012). Geografi Indonesia. Penerbit Ombak.
Basrowi. (2005). Pengantar Sosiologi. Depok: Ghalia Indonesia.
BPS. (2019). Indeks Pembangunan Manusia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Deswimar, D. (2014). Peran Program Pemberdayaan Masyarakat desa dalam pembangunan pedesaan. Jurnal El-Riyasah, 5(1), 41-52.
Kharisma; Fajar (2019). Dampak Pembangunan Bandara Kediri Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Desa Grogol, Kec. Grogol, Kab. Kediri). Skripsi. University Of Muhammadiyah Malang. Diakses dari https://eprints.umm.ac.id/55471/4/BAB%20III.pdf.
Gunawan, A.S., Hamid, D., & Pamungkas, M.G.W.E.N. (2016). Analisis pengembangan pariwisata terhadap sosial ekonomi masyarakat (Studi pada wisata religi Gereja Puhsarang Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(1), 1-8.
Gunawan. 2012. Analisisi Pengembangan Pariwisata terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi pada Wisata Religi Gereja Pusharang Kediri). Vol 32, No 1.
Hariyanto &Tukidi. (2007). Konsep pengembangan wilayah dan penataan ruang Indonesia di era otonomi daerah. Jurnal Geografi. 4(1),1-10.
Hidayat, Faiq. (2017). Setengah Penduduk RI berpusat di Pulau Jawa, ini Dampak Negatifnya. Diakses dari https://www.merdeka.com/uang/setengah-penduduk-ri-berpusat-di-pulau-jawa-ini-dampak-negatifnya.html
Hosio, JE. (2017). Kebijakan Publik dan Desentralisasi. Yogaykarta: Laksbang.
Isabela, Monica A.C. 2022. Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2022. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2022/04/27/03000051/jumlah-penduduk-indonesia-2022
Jayn, W. N. (2021). Tujuan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bandung Barat: pelajaran dari program sekolah ibu hebat tahun 2019-2020. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, dan Administrasi Publik, 4(2), 454-473.
Kestin, T., Belt, M. van den, Denby, L., Ross, K., Thwaites, J., & Hawkes, M. (2017). Getting Started with The SDGs in Universities A Guide For Universities, Higher Education Institutions, and The Academic Sector.
Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., & Hidayatullah, A. F. (2020). Peranan guru dalam pendidikan inklusif untuk pencapaian program tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55-61.
Khoirudin. (2020). Dinamika Konflik Pembebasan Lahan Lokasi Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Koentjaraningrat. 2002. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kuntadi. (2018). Masyarakat Temon Mulai Keluhkan Dampak Pembangunan Bandara Baru Yogya. Diakses dari https://yogya.inews.id/berita/masyarakat-temon-mulai-keluhkan-dampak-pembangunan-bandara-baru-yogya.
Latuconsina, Z. M. Y. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan manusia Kabupaten Malang berbasis pendekatan perwilayahan dan regresi panel. Journal Of Regional And Rural Development Planning, 1(2), 202-216.
Leontinus, G. (2022). Program dalam pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGS) dalam hal masalah perubahan iklim di Indonesia. Jurnal Samudra Geografi, 5(1), 43-52.
Lisbet. (2013). Pencapaian millenium development goals (MDGs) di Indonesia melalui kerjasama internasional. political, 4(1), 33-48. https://doi.org/10.1080/13629395.2014.1001631.
Malau, W. (2014). Pengarusutamaan Gender dalam Program Pembangunan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 125-131.
Menteri Perhubungan. (2017). Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo Resmi Dimulai. Diakses dari https://dephub.go.id/post/read/pembangunan-bandara-internasional-yogyakarta-di-kulon-progo-resmi-dimulai.
Merdeka.com. (2020). Yogyakarta Punya Bandara Baru, Bagaimana Nasib Adisutjipto?. Diakses dari https://www.merdeka.com/uang/yogyakarta-punya-bandara-baru-bagaimana-nasib-adisutjipto.html
Natalia, A. (2022). Paradigma good governance dalam administrasi publik memfasilitasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TBP). Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 18(1), 15-26.
Novitasari, N., & Sadewo, F. S. (2022). Perubahan Mata Pencaharian Pada Masyarakat Petani Muda di Desa Sidomulyo Kabupaten Lamongan. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 115-122).
Peraturan Daerah No 3 Tahun 2015 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2015-2025.
Prakoso. (2012). Pengembangan Desa Wisata Kembang Arum, dampaknya terhadap sosial ekonomi masyarakat Donokerto Kecamatan Turi. Vol 1, No 1. Diakses pada 21 April 2020 pukul 20:00 WIB.
Prasetya, D. (2015). Dampak Alih Fungsi Lahan dari Sawah ke Tambak Terhadap Mata Pencaharian Masyarakat Desa (Studi Kasus di Desa Ceboleh Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). S1 Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Ridwan, S. P. (2021).Tingkat Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat Menjalin Kerukunan Umat Beragama. CV. Azka Pustaka.
Rifa’I. S. (2011). Sosiologi Pendidikan (Struktur dan Interaksi Sosial di dalam Institusi Pendidikan). Jogjakarta: Arruz Media.
Saliman, S., Wibowo, S., Widiastuti, A., & Rosardi, R. G. (2019). Pemberdayaan Masyarakat di Desa Wisata Brajan, Sleman Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 6(2), 186-205.
Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). Pemodelan indikator tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 27(2), 61-74.
Simbolon, D. S., Sari, J., Purba, Y. Y., Siregar, N. I., Salsabila, R., & Manulang, Y. (2021). Peranan pemerintah desa dalam pembangunan infrastruktur. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 295-302.
Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soemarwoto, O. (2003). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudjana, D. (2016). Evaluasi Pendidikan Luar Sekolah (untuk Pendidikan non formal dan pembangunan sumber daya manusia). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (2 ed.). Bandung: Alfabeta.
Suratmo, F.G. (2004). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Syafar, M. (2017). Modal sosial komunitas dalam pembangunan sosial. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(1), 1-22.
Tampi, A.G.C., Kawung, E.J., & Tumiwa, J.W. (2016). Dampak pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan terhadap masyarakat di Kelurahan Tingkulu. Acta Diurna Komunikasi, 5(1).
Turistiati, A. T. (2016). Pentingnya komunikasi efektif dalam mensosialisasikan dan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. In Prosiding Seminar STIAMI (3(1), pp. 103-111).
Uceng, A., Erfina, E., Mustanir, A., & Sukri, S. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Desa Betao Riase Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(2), 18-32.
Wahyuningtiyas, H., & Widiastuti, A. (2019). Kondisi Sosial dan Ekonomi Pedagang Setelah Pembangunan Pasar Baru di Desa Kalitapen Kecamatan Purwojati, Banyumas. STUDI SOSIAL , 4 (2).
Wibowo, M. I. S., & Hapsari, A. N. S. (2022). Pengelolaan keuangan BUMDes: upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan desa. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 9(01), 52-71.
Widiastuti, A., & Nurhayati, A. S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Desa Wisata Nganggring Sleman. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1).
Yulianti, D. (2017). Program generasi berencana (genre) dalam rangka pembangunan manusia menuju pembangunan nasional berkualitas. Jurnal Analisis Sosial Politik, 1(2), 93-108.
DD Utami, N Alfiyani, M Lingga, S Sudrajat (2023). Application of the Combined Learning Model of JIGSAW and AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Learning Methods in Social Sciences Subjects, JURNAL PENDIDIKAN IPS 13 (2), 278-283
Diah Hastuti, Sudrajat (2022). Gender Gap in Education and Employment in Asia: Indonesia and South Korea Compared Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16
Fariris, G. (2021). Kajian Transformasi Sustainable Tourism Melalui Konsep Zero Waste Family. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 78-102. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.39191
Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual Learning in Indonesia's First Secondary School: To Anticipate Learning Loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906
Gunawan, T. (2023). Problem based-learning supported flipped classroom approach to enhance collaborative skills. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 145-159. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.61999
Hadi, F., Purwadi, D., & Shahdan, A. (2023). Aspek humanistik dalam ayat Al Quran. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 160-172. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.56488
Hartati, Y., & Sabila, E. (2023). Pendidikan bagi masyarakat miskin di Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 11-24. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.51142
Hidayat, R. (2022). Peusijuek sebagai kearifan lokal Aceh dalam menghadapi globalisasi budaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 134-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52038
Imron, A., Pamungkas, D., Marzuqi, M., & Larasati, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Imron, A., Pamungkas, D., Marzuqi, M., & Larasati, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Inayah, A., Maftuh, B., & Kurniawati Sumantri, Y. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 173-187. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59735
Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915
Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing The Effective Communication of The Existence Of Implementing The Tradition Of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) In The Community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023
Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310
Mu’aini, M. (2016). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 15 KOTA YOGYAKARTA. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 44-62. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9669
Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, T., Rohman, S., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706
Nantana, M., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 69-87. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702
Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328
Rubiyatin, U. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media rekaman suara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 88-99. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.47154
Rudiana, Y., Ruhimat, M., & Sundawa, D. (2022). Pengaruh sikap ekoliterasi, dan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 177-191. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52305
Rukiati, E. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 24-43. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9664
Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641
Salamah, S., Wiramanggala, A., Aprilianti, A., Tunissa, I., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan media audio-visual IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 145-153. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.49251
Santosa, Y., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 192-204. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52427
Shasliani, S., Arafah, N., & Septiantoko, R. (2023). Model Pembelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 25-42. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53048
Sholeh, M., Affandi, I., Komalasari, K., & Wiyanarti, E. (2023). Model hipotetik pendidikan IPS berbasis pesantren untuk membangun kecerdasan sosial. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 188-206. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63359
Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KLATEN DAN MTS. WAHID HASYIM YOGYAKARTA. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663
Sudrajat Sudrajat. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954
Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Sudrajat, S. (2020). REVITALISASI NILAI-NILAI BUDAYA JAWA PADA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p
Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702
Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743
Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697
Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.
Widiatmaka, P., Hidayat, M., Yapandi, Y., & Rahnang, R. (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119-133. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526
Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2016). PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP SE- KECAMATAN KRETEK, BANTUL. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 79-100. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________