KEARIFAN LOKAL TRADISI MERTI CODE SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN KALI CODE STUDI KASUS MASYARAKAT JETISHARJO

DONI Himawan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal daritradisi Merti Code sebagai upaya pelestarian lingkungan Sungai Code, utamanyayang berlatar tempat di Kampung Jetisharjo, Kota Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian inidilaksanakan pada bulan Desember 2022. Subjek penelitian adalah Pemerti Kali Codedan tokoh penggerak tradisi Merti Code. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisismodel Miles dan Huberman dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajiandata dan penyimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknikdengan 3 teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi Merti Code adalah kegiatan ritualyang sudah mengalami pergeseran nilai yang tidak hanya sekadar bernilai budaya,tetapi juga bisa dimaknai sebagai upaya pelestarian lingkungan. Prosesi Merti Codeterdiri dari gotong royong, Tuk Pitu, dan kirab atau arak-arakan. Nilai yangterkandung di dalamnya meliputi nilai memetri, nilai edukasi, nilai budaya, dan nilainguri-uri atau pelestarian. Upaya pelestarian dan pendidikan lingkungan yang lahirsetelah adanya tradisi Merti Code adalah sekolah sungai dan perubahan perilakuwarga bantaran Kali Code yang lebih berkesadaran lingkunganKata kunci: kearifan lokal, Kali Code, nilai, pelestarian

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. H., & Santoso, M. B. (2020). Pentingnya Pembentukan Program Sekolah Siaga Bencana Bagi Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 307. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22975

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Ayub, S., Kosim, K., Gunada, I. W., & Zuhdi, M. (2019). Model Pembelajaran Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Di Sekolah Dasar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 65. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1187

BNBP (2013). Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah Pasca Bencana Erupsi Gunung Merapi di Wilayah Provinsi D.I.Yogyakarta dan Jawa Tengah Tahun 2011-2013. BNBP.

Bramasta, D., & Irawan, D. (2020). Mitigasi Bencana Gunung Meletus di Sekolah Rawan Bencana. Publikasi Pendidikan, 10(2), 154. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13858

Dillashandy, N. A., & Panjaitan, N. K. (2019). Kapasitas Adaptasi dan Resiliensi Komunitas Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(5), 617–626. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.5.617-626

Jannah, A. M., Sari, I. M., Keperawatan, S. I., & Kesehatan, I. (2023). Gambaran Kesiapsiagaan Mayarakat Menghadapi Bencana Gunung Meletus di Dukuh Gebyog Samiran Selo Boyolali. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(1), 4–6. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i1.994

Lesmana, C., & Purborini, N. (2015). Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah dalam Menghadapi Bencana di Kabupaten Magelang (Preparedness of School Communities in Facing Disasters in Magelang District). Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 15–28.

Lestari, S., & Winanto, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9967–9978. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4203

Malthuf, M., & Reza, M. H. (2022). Kontribusi Guru Geografi Dalam Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Merapi. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 20(02), 110–115. https://doi.org/10.36456/waktu.v20i02.5892

Muktaf, Z. M. (2017). Wisata Bencana: Sebuah Studi Kasus Lava Tour Gunung Merapi. Jurnal Pariwisata, IV (2), 84–93. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp84

Oman Abdurrahman, d. (2017). Hidup Di Atas Tiga Lempeng. Bandung: Badan Geologi.

Rahmat, H. K., Kasmi, & Kurniadi, A. (2020). Integrasi dan Interkoneksi antara Pendidikan Kebencanaan dan Nilai-Nilai Qur’ani dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 455–461. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/440

Rifai, M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69.

Rizkia Mutiara Ramadhani, Fitri Andrianti Indah Gustaman, Muhammad Sarip Kodar, I. K. W. (2020). JIPSINDO, No.2, Vol.7, September 2020. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–176.

Rozi, S. (2016). Memahami Erupsi Merapi Kebijakan dan Implementasi. Graha Ilmu.

Santosa, L. W. (2015). Keistimewaan Yogyakarta Dari Sudut Pandang Geomorfologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sasmito, N. B., & Ns, P. (2023). Faktor Hubungan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Dampak Bencana. Journal of Education Research, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.129

Satriyo Wibowo, A. S. (2017). Pemahaman Menejemen Bencana Siswa Smp Di Kabupaten Sleman. Jipsindo, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i1.14834

Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47. https://doi.org/10.22146/jkn.33142

Santosa,L, G. (2015). Keistimewaan Yogyakarta dari sudut pandang geomorfologi. Gadjah Mada University Press

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., Saliman, S., & Supardi, S. (2022). The evaluation of the programs of gender-responsive schools in Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886

Sudrajat, Saliman, Supardi. (2022). Sketsa Pembelajaran IPS: Menuju Pembelajaran Abad 21. Penerbit Adab

Sudrajat, Kumalati, M. (2020). The Environmental Awareness of Junior High School Students in Sleman Yogyakarta, 14th International Conference of Social Science and Education. DOI:10.2991/978-2-494069-55-8_16

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Wiratmoko, D. (2017). Situs Geopark Gunung Sewu Geo Area Pacitan Sebagai Sumber Belajar Ilmu-Imu Sosial. Jipsindo, 4(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i2.17573


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com