TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA

Henny Pamungkas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan masyarakat penerima Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) terhadap program JPD di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode naturalistik dan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah masyarakat penerima JPD di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ialah masyarakat penerima JPD memiliki tanggapan dalam kategori cukup yang dideskripsikan melalui tiga komponen; 1) Komponen kognitif, masyarakat penerima JPD memahami arti dan tujuan program, jumlah alokasi dana, sistem penyaluran dan peraturan terbaru program JPD. 2) Komponen afektif, masyarakat penerima JPD merasa senang dan terbantu karena mendapatkan bantuan biaya pribadi, biaya pendidikan, dan mendapatkan kuota khusus saat mendaftar ke sekolah. 3) Komponen konatif, masyarakat penerima JPD mendukung tercapainya program dengan memberikan motivasi, semangat, dukungan, memilihkan sekolah sesuai kebutuhan anak, dan memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih dimana akan bersekolah.

Full Text:

PDF

References


Ardiani, L., Sujaini, H., & Tursina. (2020). Implementasi sentiment analysis tanggapan masyarakat terhadap pembangunan di Kota Pontianak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 8(2), 183-190.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pemeriksa Keuangan. (2022). Rencana kerja pemerintah daerah kota yogyakarta tahun 2022. Diakses tanggal 23 Mei 2023 dari https://peraturan.bpk.go.id

Badan Pusat Statistik DI Yogyakarta. (2015). Proyeksi penduduk kabupaten/kota tahunan 2010-2020 Provinsi DI Yogyakarta. www.bps.go.id (diakses pada 1 Desember 2021)

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dindikpora. (2020). Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 3, Tahun 2020, tentang Pemberian Jaminan Pendidikan Daerah.

Fauzi, A. (2020). Analisis biaya mutu dalam meningkatkan daya saing pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 51-62.

Fitri, S. F. (2021). Problematika kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Hidayat, S. (2016). Tanggapan masyarakat terhadap program jam belajar masyarakat di RW 9 Gunungketur Pakualaman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(1), 55-63.

Iskandar, Z. (2012). Psikologi Lingkungan: Teori dan Konsep. Bandung: PT Refika Aditama.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kemenkeu. (2023). Pemerintah alokasikan anggaran pendidikan tahun 2023 sebesar Rp608,3 triliun. Diakses pada 1 Maret 2023 dari www.kemenkeu.go.id

Muhardi. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Lomba Karya Tulis Ilmiah Dosen, XX(4), 478-492.

Nurmansyah, G., & dkk. (2019). Pengantar antropologi: sebuah ikhtisar mengenal antropologi. Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja.

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami masyarakat dan perspektifnya. Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 163-175.

Puspitasari, R. (2016). Evaluasi kebijakan Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) dalam penuntasan wajib belajar 12 (dua belas) tahun di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta, SMP Negeri 15 Yogyakarta, dan SMA Negeri 11 Yogyakarta. Kebijakan Pendidikan, 375-383.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sarwono, S. W. (2018). Pengantar psikologi umum. Depok: Rajawali Pers.

Septianto, H. (2021). Pemetaan anak putus sekolah di Kota Yogyakarta tahun 2016-2020. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(4), 1-11.

Sidik, F. (2015). Implementasi program Jaminan Pendidikan Daerah di Kota Yogyakarta. Kebijakan & Administrasi Publik, 27-42.

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., Saliman, S., & Supardi, S. (2022). The evaluation of the programs of gender-responsive schools in Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886

Sudrajat, Saliman, Supardi. (2022). Sketsa Pembelajaran IPS: Menuju Pembelajaran Abad 21. Penerbit Adab

Sudrajat, Kumalati, M. (2020). The Environmental Awareness of Junior High School Students in Sleman Yogyakarta, 14th International Conference of Social Science and Education. DOI:10.2991/978-2-494069-55-8_16

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, A. (2018). Psikologi umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Tejokusumo, B. (2014). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Geodukasi, III(1) 38-43.

Thoha, M. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Tjandra, E. A., & Tjandra, S. R. (2013). Hubungan antara komponen kognitif, komponen afektif dan kompoen perilaku terhadap sikap konsumen memanfaatkan teknologi internet. Jurnal Manajemen, XVII(01), 42-52.

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wawan, A., & Dewi, M. (2011). Teori & pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2016). Persepsi peserta didik tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP Se-Kecamatan Kretek, Bantul. Jipsindo, 3(1), 78-100.

Yahya, M., & Amirzan. (2019). Tanggapan siswa terhadap manfaat kegiatan ekstrakurikuler olahraga dalam pengembangan prestasi dan potensi diri. Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 79-87.

Fariris, G. (2021). Kajian transformasi sustainable tourism melalui konsep zero waste family. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 78-102. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.39191

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Gunawan, T. (2023). Problem based learning supported flipped classroom approach to enhance collaborative skills. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 145-159. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.61999

Hadi, F., Purwadi, D., & Shahdan, A. (2023). Aspek humanistik dalam ayat Al Quran. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 160-172. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.56488

Hartati, Y., & Sabila, E. (2023). Pendidikan bagi masyarakat miskin di Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 11-24. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.51142

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Hidayat, R. (2022). Peusijuek sebagai kearifan lokal Aceh dalam menghadapi globalisasi budaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 134-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52038

Imron, A., Pamungkas, D., Marzuqi, M., & Larasati, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199

Imron, A., Pamungkas, D., Marzuqi, M., & Larasati, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 43-56. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199

Inayah, A., Maftuh, B., & Kurniawati Sumantri, Y. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 173-187. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59735

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Mu’aini, M. (2016). Peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui penerapan metode problem-based learning di SMP Negeri 15 Kota Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 44-62. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9669

Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, T., Rohman, S., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706

Nantana, M., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 69-87. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702

Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328

Rubiyatin, U. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media rekaman suara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 88-99. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.47154

Rudiana, Y., Ruhimat, M., & Sundawa, D. (2022). Pengaruh sikap ekoliterasi, dan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 177-191. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52305

Rukiati, E. (2016). Peningkatan motivasi belajar IPS dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 24-43. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9664

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641

Salamah, S., Wiramanggala, A., Aprilianti, A., Tunissa, I., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan media audio-visual IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 145-153. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.49251

Santosa, Y., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 192-204. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52427

Shasliani, S., Arafah, N., & Septiantoko, R. (2023). Model Pembelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 25-42. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53048

Sholeh, M., Affandi, I., Komalasari, K., & Wiyanarti, E. (2023). Model hipotetik pendidikan IPS berbasis pesantren untuk membangun kecerdasan sosial. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 188-206. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63359

Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta

Sudrajat Sudrajat. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721

Syafiq, A; Kartini, V.P; Sudrajat Sudrajat, Romdania, S.S. (2023). The Value of Menumbai Sialang Tradition in History Learning Contributes to Character Building, Diakronika, 23(2), 216-227. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol23-iss2/321

Widiatmaka, P., Hidayat, M., Yapandi, Y., & Rahnang, R. (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119-133. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526

Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2016). Persepsi peserta didik tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP Se- Kecamatan Kretek, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 79-100. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9671


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com