KESIAPAN GURU IPS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Nurul Yasrida Marsila, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesiapan guru IPS dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Kesiapan guru dilihat dari pemahaman terhadap prinsip pembelajaran dan asesmen, perencanaan serta pelaksanaan dalam pembelajaran dan asesmen, pengolahan terhadap hasil asesmen, dan pelaporan kemajuan belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 hingga Maret 2023. Subjek penelitian adalah 3 guru IPS yang 2 diantaranya merangkap sebagai staf kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru IPS di SMP Negeri 5 Yogyakarta terverifikasi sudah memiliki kesiapan yang baik dengan memenuhi 4 kriteria kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka yang dilihat dari pemahaman tentang prinsip pembelajaran dan asesmen, perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran dan asesmen, pengolahan hasil asesmen, dan pelaporan kemajuan belajar. Kesiapan pada guru ini telah memenuhi kriteria dalam implementasi kurikulum merdeka.


Full Text:

PDF

References


Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., Saliman, S., & Supardi, S. (2022). The evaluation of the programs of gender-responsive schools in Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97. doi: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886

Sudrajat, Saliman, Supardi. (2022). Sketsa Pembelajaran IPS: Menuju Pembelajaran Abad 21. Penerbit Adab

Sudrajat, Kumalati, M. (2020). The Environmental Awareness of Junior High School Students in Sleman Yogyakarta, 14th International Conference of Social Science and Education. DOI:10.2991/978-2-494069-55-8_16


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com