HUBUNGAN KEDISIPLINAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui hubungan kedisiplinan guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan 2) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Kasihan Kabupaten Bantul. Metode penelitian menggunakan metode korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kasihan Kabupaten Bantul dengan populasi seluruh siswa kelas VIII yaitu 160 Siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara variabel kedisiplinan guru dengan hasil belajar dengan hasil rhitung 0,843 > 0,246. 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar dengan hasil uji korelasi thitung 0,561 > 0,246.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, O., dkk. (2011). Hidup di atas tiga lempeng. Badan Geologi Republik Indonesia
Angraini, L. M., Syamsuddin, S., Wirawan, R., Qomariyah, N., & Sukrisna, B. (2019). Pendampingan Sekolah Siaga Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana di SMK Kehutanan Qomarul Huda Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.263
Ansori, M. H., & Santoso, M. B. (2020). Pentingnya Pembentukan Program Sekolah Siaga Bencana Bagi Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 307. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22975
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Ayub, S., Kosim, K., Gunada, I. W., & Zuhdi, M. (2019). Model Pembelajaran Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Di Sekolah Dasar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 65. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1187
BNBP (2013). Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah Pasca Bencana Erupsi Gunung Merapi di Wilayah Provinsi D.I.Yogyakarta dan Jawa Tengah Tahun 2011-2013. BNBP.
Bramasta, D., & Irawan, D. (2020). Mitigasi Bencana Gunung Meletus di Sekolah Rawan Bencana. Publikasi Pendidikan, 10(2), 154. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13858
Dillashandy, N. A., & Panjaitan, N. K. (2019). Kapasitas Adaptasi dan Resiliensi Komunitas Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(5), 617–626. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.5.617-626
Jannah, A. M., Sari, I. M., Keperawatan, S. I., & Kesehatan, I. (2023). Gambaran Kesiapsiagaan Mayarakat Menghadapi Bencana Gunung Meletus di Dukuh Gebyog Samiran Selo Boyolali. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(1), 4–6. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i1.994
Lesmana, C., & Purborini, N. (2015). Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah dalam Menghadapi Bencana di Kabupaten Magelang (Preparedness of School Communities in Facing Disasters in Magelang District). Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 15–28.
Lestari, S., & Winanto, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9967–9978. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4203
Malthuf, M., & Reza, M. H. (2022). Kontribusi Guru Geografi Dalam Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Merapi. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 20(02), 110–115. https://doi.org/10.36456/waktu.v20i02.5892
Muktaf, Z. M. (2017). Wisata Bencana: Sebuah Studi Kasus Lava Tour Gunung Merapi. Jurnal Pariwisata, IV (2), 84–93. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp84
Oman Abdurrahman, d. (2017). Hidup Di Atas Tiga Lempeng. Bandung: Badan Geologi.
Rahmat, H. K., Kasmi, & Kurniadi, A. (2020). Integrasi dan Interkoneksi antara Pendidikan Kebencanaan dan Nilai-Nilai Qur’ani dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 455–461. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/440
Rifai, M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69.
Rizkia Mutiara Ramadhani, Fitri Andrianti Indah Gustaman, Muhammad Sarip Kodar, I. K. W. (2020). JIPSINDO, No.2, Vol.7, September 2020. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–176.
Rozi, S. (2016). Memahami Erupsi Merapi Kebijakan dan Implementasi. Graha Ilmu.
Santosa, L. W. (2015). Keistimewaan Yogyakarta Dari Sudut Pandang Geomorfologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sasmito, N. B., & Ns, P. (2023). Faktor Hubungan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Dampak Bencana. Journal of Education Research, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.129
Satriyo Wibowo, A. S. (2017). Pemahaman Menejemen Bencana Siswa Smp Di Kabupaten Sleman. Jipsindo, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i1.14834
Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47. https://doi.org/10.22146/jkn.33142
Santosa,L, G. (2015). Keistimewaan Yogyakarta dari sudut pandang geomorfologi. Gadjah Mada University Press
Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702
Sudrajat, & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743
Sudrajat, S., Saliman, S., & Supardi, S. (2022). The evaluation of the programs of gender-responsive schools in Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886
Sudrajat, Saliman, Supardi. (2023). Sketsa Pembelajaran IPS: Menuju Pembelajaran Abad 21. Penerbit Adab
Sudrajat, Kumalati, M. (2020). The Environmental Awareness of Junior High School Students in Sleman Yogyakarta, 14th International Conference of Social Science and Education. DOI:10.2991/978-2-494069-55-8_16
Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501
Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual Learning in Indonesia's First Secondary School: To Anticipate Learning Loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Undang-Undang RI Nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.
Wiratmoko, D. (2017). Situs Geopark Gunung Sewu Geo Area Pacitan Sebagai Sumber Belajar Ilmu-Imu Sosial. Jipsindo, 4(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i2.17573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________