PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP N 3 GANDRUNGMANGU
Abstract
menggunakan audiovisual interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS khususnya pada
materi kehidupan manusia pada masa praaksara. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian
eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian (pretest-posttest control
group design). Rancangan ini melibatkan dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Gandrungmangu yang terdiri dari
5 kelas yakni kelas VII A, kelas VII B, kelas VII C, Kelas VII D, dan kelas VII E semester gasal tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling acak sederhana
(simple random sampling) untuk menentukan dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest.
Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dengan menggunakan model shapirowilk, kemudian uji homogenitas menggunakan model levene statistic, dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan model mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media
audiovisual interaktif dalam pembelajaran IPS khususnya materi “Kehidupan Manusia pada Masa
Praaksara” memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 3
Gandrungmangu. Hal tersebut dibuktikan dengan data hasil analisis uji mann whitney yang menunjukan
nilai signifikansi (asymp. Sig. (2 tailed)) < 0,05 (0,02 < 0,05) terhadap hasil posttest kedua kelas,
sehingga hipotesis diterima.
References
Advernesia. 3 Juni 2018. Cara Uji
Normalitas SPSS Shapiro-Wilk
dan Kolmogorov-Smirnov,
Artikel. Diakses pada 7
September 2022, dari
https://www.advernesia.com/bl
og/spss/cara-uji-normalitasspss-shapiro-wilk-dankolmogorov-smirnov/
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media
dan Sumber Belajar: Teori dan
Prosedur. Serang: Laksita
Indonesia.
Kurniawan, A. W. & Zarah, P. (2016).
Metode Penelitian Kuantitatif.
Yogyakarta: Pandiva Buku.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R &
D. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi
Belajar Dengan Hasil Belajar
IPS Di SMP Kabupaten Bogor.
Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(1).
Suriansyah, A., et al. (2014). Strategi
Pembelajaran. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Wijayanti, A., & Wulandari, T. (2016).
Efektivitas model CTL dan
model PBL terhadap hasil
belajar IPS. Harmoni Sosial:
Jurnal Pendidikan IPS, 3(2),
-124.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________