HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 MINGGIR

Farhani Riska Septia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Minggir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Minggir dengan jumlah 446 siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Untuk uji prasyarat data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson dengan bantuan software IBM SPSS Version 20 for Windows. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Minggir, dibuktikan dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) pada minat membaca IPS sebesar 0,000 dan pada prestasi belajar mata pelajaran IPS sebesar 0,000 keduanya < 0,05. Hubungan minat membaca IPS terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS diperoleh sebesar 5,8%, sedangkan 94,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi, semakin tinggi minat membaca siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar mata pelajaran IPS yang didapatkan oleh siswa.

References


Ahmadi, A. & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Rineka Cipta.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2014). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2001 oleh Pearson Education, Inc by Addison Wesley Longman, Inc).

Azwar, S. (2006). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Budiwati, B.H., Mulyani, E.T., Handayani, F., et al. (2015). Budaya baca di era digital. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Hidayat, H., & Aisah, S. (2013). Read interest co-relational with student study performance in IPS subject grade IV (four) in state elementary school 1 Pagerwangi Lembang. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(1), 101–114.

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat baca anak anak di kampoeng baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3, 320 – 328.

Marlina, N.A., & Ardiyaningrum, M. Hubungan minat membaca dengan prestasi belajar IPS Kelas III SD Karanggayam. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume XII, No. 1 2021 (2).

Nurhadi. (2016). Teknik membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2004). Behavior analysis and learning. Lawrence Erlbaum Associates.

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sapriya. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarsyah, C. (2015). Reading theory and practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S.K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 2, 115-123.

Tabrani, R., Kusdiar, A., & Arifin, Z. (1992). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utami, L.D. Tingkat literasi indonesia di dunia rendah, ranking 62 dari 70 negara. (22 Maret 2021). Tribunnews.com, hal 1-2.

Wicaksana, G. (2011). Buat anakmu gila baca! Yogyakarta: Bukubiru.

Wong, O.K., & Casing, D.M. (2010). Equalize student achievement. United Kingdom: Association of School Business Officials International.

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328

Rohmah, P., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641

Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta

Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721

Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com