HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 MINGGIR
Abstract
References
Ahmadi, A. & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Rineka Cipta.
Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2014). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2001 oleh Pearson Education, Inc by Addison Wesley Longman, Inc).
Azwar, S. (2006). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiwati, B.H., Mulyani, E.T., Handayani, F., et al. (2015). Budaya baca di era digital. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Hidayat, H., & Aisah, S. (2013). Read interest co-relational with student study performance in IPS subject grade IV (four) in state elementary school 1 Pagerwangi Lembang. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(1), 101–114.
Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat baca anak anak di kampoeng baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3, 320 – 328.
Marlina, N.A., & Ardiyaningrum, M. Hubungan minat membaca dengan prestasi belajar IPS Kelas III SD Karanggayam. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume XII, No. 1 2021 (2).
Nurhadi. (2016). Teknik membaca. Jakarta: Bumi Aksara.
Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2004). Behavior analysis and learning. Lawrence Erlbaum Associates.
Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarsyah, C. (2015). Reading theory and practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S.K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 2, 115-123.
Tabrani, R., Kusdiar, A., & Arifin, Z. (1992). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utami, L.D. Tingkat literasi indonesia di dunia rendah, ranking 62 dari 70 negara. (22 Maret 2021). Tribunnews.com, hal 1-2.
Wicaksana, G. (2011). Buat anakmu gila baca! Yogyakarta: Bukubiru.
Wong, O.K., & Casing, D.M. (2010). Equalize student achievement. United Kingdom: Association of School Business Officials International.
Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906
Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16
Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915
Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023
Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310
Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543
Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328
Rohmah, P., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604
Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641
Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663
Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta
Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954
Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p
Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702
Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743
Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697
Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501
Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306
Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.
Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721
Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________