HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 SUKOHARJO

Singgih Joko Prakoso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk hubungan antara efikasi diri dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Sukoharjo sehingga dapat menentukan metode yang tepat dalam melakukan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari angket dan tes yang dilakukan peneliti pada sampel penelitian. Pengumpulan data melalui Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode angket,  tes, dan dokumentasi. Teknik validasi data penelitian ini menggunakan valdiitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif untuk menganalisis data yang telah didapatkan.

Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa ternyata tidak ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Selain itu ternyata juga didapat bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar (X2) dengan hasil belajar siswa (Y) di SMP Negeri 2 Sukoharjo.  Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel efikasi diri (X1) dan minat belajar (X2) dengan variabel hasil belajar (Y) siswa SMP Negeri 2 Sukoharjo. Selain itu terdapat faktor lain yang memengaruhi hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Sukoharjo.

Kata Kunci: minat belajar, efikasi diri, hasil belajar, SMP Negeri 2 Sukoharjo


References


Bandura, A. (2012). On the Functional Properties of Perceived Self-Efficacy Revisited. Jakarta: Rineka Cipta

Endarliani. (2017). Hubungan Hasil belajar IPS dengan Kesadaran IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin. FKIP Unila, 1-12

Husein, U. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Maddux, J. E., & Gosselin, J. T. (2012). Self-efficacy. The Guilford Press

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurfitriana, T., Wijayanti, A. T., & Mardiyah, S. U. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning di SDN 2 Talun. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 16-23

Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2), 17–28

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shalahudin, A. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung : CV Pustaka Setia

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memhubunganinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudrajat, Wulandari, T, dan Wijayanti, A.T. (2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO. Vol 2 (1), 44-65

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. (2015). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wijayanti, T.A. dan Sudrajat. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. JIPSINDO. Vol 5 (1), 21-43


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com