PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KALASAN DAN SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Rizma Tri Andari,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dan SMP Negeri 1 Yogyakarta; 2) faktor pendorong dan penghambat pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dan SMP Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek yaitu guru IPS dan peserta didik  SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dan SMP Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dan SMP Negeri 1 Yogyakarta dilaksanakan pada tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Khusus di SMP Negeri 1 Yogyakarta mengembangkan silabus masa ‘darurat’. Metode yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan yaitu asinkron berupa pemberian materi dan penugasan melalui grup whatsappsedangkan SMP Negeri 1 Yogyakarta menggunakan metode yang bervariasi. Evaluasi pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dilakukan dengan memberikan tes melalui google formulir dan whatsapp.Sedangkan penilaian di SMP Negeri 1 Yogyakarta diambil dari tugas dan ujian. 2) Faktor penghambat dan pendorong pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dan SMP Negeri 1 Yogyakarta yaitu berasal dari guru, peserta didik, orang tua, dan perangkat pembelajaran yang menunjang.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, IPS SMP, faktor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com