TINGKAT KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP SE-KECAMATAN TEMPEL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fitria Nur Hanifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran IPS SMP Se-Kecamatan Tempel pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini meliputi peserta didik kelas VIII dan IX SMP Se-Kecamatan Tempel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kategorisasi yaitu skoring jawaban subjek, membuat tabulasi data dan menghitung total jawaban, mengelompokkan hasil data, dan menampilkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi Covid-19 masuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 75,41. Hal ini artinya bahwa kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 menyebabkan adanya kecenderungan kedisiplinan peserta didik yang beragam sehingga peserta didik berbuat dengan kemauannya sendiri tanpa memperhatikan aturan. Untuk lebih meningkatkan kedisiplinan peserta didik, maka dibutuhkan kerjasama dan pengawasan dari pihak guru dan sekolah untuk menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik.


References


Azwar, S. (2009). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Humas BNN. (28 Oktober 2020). Penegakan Kedisiplinan Bagi Pelajar Melalui Kegiatan Sweeping Gabungan. Slemankab: hlm 1. Diakses pada 4 Juli 2022 melalui https://slemankab.bnn.go.id/penegakan-kedisiplinan-bagi-pelajar-melalui-kegiatan-sweeping-gabungan/

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (covid-19). Mendikbud: hlm 1. Diakses pada 4 Juli 2022 melalui https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Murtini. (2010). Akhlak peserta didik terhadap guru. Semarang: PT. Sindur Press.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi peserta didik. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com