Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Simulation Games Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kajen
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran berbasis simulation games terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kajen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII E sampai VIII H sebanyak 128 peserta didik. Sampel penelitian diambil dua kelas (eksperimen dan kontrol) dengan teknik random sampling dan total sampel berjumlah 50. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan untuk menguji efektivitas menggunakan rumus Cohen’s d effect size. Hasil penelitian adalah terdapat efektivitas metode pembelajaran simulation games terhadap keaktifan peserta didik. Hasil uji-t sebesar 4,356 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen (metode simulation games) sebesar 76,04 lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas kontrol (metode ceramah) yaitu sebesar 66,40. Hasil dari uji effect size diperoleh sebesar 1,232 (efek yang besar), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dan untuk membuat peserta didik lebih aktif, sebaiknya guru menggunakan metode simulation games.
Kata kunci: Metode Simulation Games, Keaktifan Peserta Didik.
Full Text:
PDFReferences
Cohen, J. (1988). Statistical power
analysis for the behavioral sciences
(2nd ed.). The United States of
America: Lawrence Erlbaum
Associates.
Fajrin, F., & Rudi Salam. (2020).
Efektivitas pembelajaran IPS
menggunakan model pembelajaran
tutor sebaya plus pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 7 Semarang.
Jurnal Sosiolum, 2, 54 – 62.
Haidir & Salim. (2012).
Strategi
pembelajaran. Medan: Perdana
Publishing.
Hanifah, E. N., & Taat Wulandari. (2018).
Penggunaan metode card sort
untuk meningkatkan keaktifan
siswa dalam pembelajaran IPS
kelas VIII E SMP Negeri 1
Majalengka. JIPSINDO, 5, 61 – 80.
Izzaty, R. E., Siti P. S., Yulia, et al. (2007).
Perkembangan peserta didik.
Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Putri, Z. (26 Juli 2020). Survey
Kemendikbud: siswa sulit pahami
pelajaran saat belajar jarak jauh.
Detiknews, hlm. 1. Diakses pada 6
April 2022 melalui
https://news.detik.com/berita/d-
/survei-kemendikbudsiswa-sulit-pahami-pelajaran-saatbelajar-jarak-jauh
Ramayulis. (2012).
Metodologi
pembelajaran pendidikan agama
islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, W. (2006).
Strategi
pembelajaran. Jakarta: Kencana
Persada Media.
Sardiman. (2003). Interaksi dan motivasi
belajar mengajar. Jakarta: Rajawali
Press.
Suryani, E., & Aman. (2019). Efektivitas
pembelajaran IPS melalui
implementasi metode
jigsaw
ditinjau dari aktivitas dan hasil
belajar siswa. Jurnal Harmoni
Sosial, 6, 34 – 48.
Tsauri, S. (2014). Manajemen kinerja.
Jember: STAIN Jember Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________