FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RW 02 KELURAHAN TAHUNAN, KEMANTREN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA

Lintang Pertiwi Kusuma Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di RW 02, Kelurahan Tahunan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tempat yang dipilih untuk penelitian ini adalah di RW 02 Kampung Tahunan, Kelurahan Tahunan, Kemantren Umbulharjo Yogyakarta. Sumber data utama adalah para anak-anak atau siswa warga RW 02 Tahunan dan orangtua atau wali dari siswa. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor internal dari dalam diri anak berupa motivasi belajar yang rendah, dan kecerdasan anak yang kurang sangatlah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di di RW 02 Tahunan, (2) Faktor eksternal dari luar diri anak-anak berupa keadaan dan peran orangtua yang belum maksimal, keadaan sekolah serta peran guru yang kurang optimal, dan keadaan lingkungan sekitar yang tidak kondusif menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak atau siswa di RW 02 Tahunan. Kata kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Jarak jauh, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Drs. H. Zainal Aqib, M. Pd., Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, (Surabaya,Insan Cendekia, 2002

Hamid, Marwan. 2016. Hubungan Antara Motivasi Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireuen. . Diambil pada tanggal 1 Maret 2022 dari . https://media.neliti.com/media/publications/147357-ID-hubungan-antaramotivasi-dengan-prestasi.pdf

Ngalim Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Rosdakarya

Rambe, Maryam. 2019 Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Diambil pada tanggal 1 Maret 2022 dari http://digilib.unimed.ac.id/39437/1/54.-Novani-MaRyam.pdf

Saliman, Satriyo Wibowo, Anik Widiastuti , Raras Gistha Rosardi. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata: Studi Kasus Di Desa Wisata Brajan, Sleman Yogyakarta.

Diambil pada tanggal 20 April 2022 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsin do/article/viewFile/28403/12763

Sandrawati, Indira. 2016. Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 9 Kota Probolinggo. .Diambil pada tanggal 1 Maret 2022 dari

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/ JPPI

Syafi’I,Ahmad,dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. No.2, Juli 2018. Diambil pada tanggal 1

Maret 2022 dari https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/114/102

Widiastuti, Anik, Sugiharyanto Satriyo Wibowo. (2014). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 11,No. 2 , 119-129. Diambil pada tanggal

April 2022 darhttps://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=j7mss_EAAAAJ&citation_for_view=j7mss_EAAAAJ:UebtZRa9Y70C

Wulandari, Taat, Agustina Tri Wijayanti, Saliman. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Keluargamelalui Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran. Diambil pada tanggal 13 April 2022 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/art

icle/view/22392/pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com