PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DENGAN MATERI INTERAKSI ANTARNEGARA-NEGARA ASEAN UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan media pembelajaran komik dengan materi interaksi antarnegara-negara ASEAN untuk mata pelajaran IPS kelas VIII yang dikembangkan. Kelayakan tersebut diketahui berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media penilaian dan tanggapan dari guru IPS, serta tanggapan peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 dan 30 peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banguntapan, Bantul dengan subjek penelitian Komik ASEAN yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket lembar validasi untuk ahli materi dan media, angket lembar penilaian untuk guru IPS, dan angket lembar uji coba untuk peserta didik. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan apabila Komik ASEAN yang dikembangkan dengan materi interaksi antarnegara-negara ASEAN untuk mata pelajaran IPS kelas VIII layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini karena perolehan rerata persentase keseluruhan masuk ke dalam kategori sangat baik. Komik ASEAN memenuhi persyaratan media pembelajaran yang baik dilihat dari aspek materi, media, dan pembelajaran. Pembahasan komik sudah teruji kebenarannya, bersifat faktual, dan sesuai dengan materi interaksi antarnegara-negara ASEAN melalui pembahasan kabut asap di Indonesia, reklamasi di Singapura, buruh migran serta kemajuan transportasi di ASEAN. Komik ASEAN mudah dipahami dan menarik peserta didik untuk membacanya. Komik ASEAN layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan Komik ASEAN dapat menambah variasi penggunaan media pembelajaran serta mempermudah guru mengajar dan mempermudah peserta didik dalam belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research an introduction (4th ed). New York: Longman.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran peran-annya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia kreaktif tanpa batas. Yogyakarta: Kata Buku.
Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akutansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 68-76.
Milhani, Y. (2017). Keefektifan pembelajaran student teams achievement division dalam pembelajaran IPS di SMP N 15 Yogyakarta. JIPSINDO, 4(2), 101-128.
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: GP Press Group.
Novianti, R. D. & Syaichudin, M. (2010). Pengembangan media pembelajaran komik matematika untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita bab pecahan pada peserta didik kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 67-81.
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan. Jakarta: Pustekkom.
Riduwan. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rohani, A. (1997). Media instruksional edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Siyahailatua, S. E. D. (7 April 2019). Baca komik tingkatkan intelektual pembaca simak penelitiannya. Diunduh pada tanggal 7 November 2019 dari https://gaya.tempo.co/ read/1193178/baca-komik-tingkatkan-intel ektual-pembaca-simak-penelitiannya.
Soedarso, N. (2015). Komik: Karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506.
Sudjana, N. & Rivai, A. (2017). Media pengajaran penggunaan dan pem-buatannya. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudrajat. (2014). Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JIPSINDO, 1(1), 1-19.
Sudrajat, Puntaswari, Sulistyosari, Astuti, (2019). PRIBUMISASI ILMU-ILMU SOSIAL DAN PEMBARUAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH, Jipsindo, 7(1)
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, Widiastuti, A., & Saliman. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPS terpadu berbasis audiovisual. JIPSINDO, 2(1), 1-21.
Widiastuti, A. & Wibowo, S. (2012). Studi eksplorasi persepsi guru SMP kabupaten Sleman terhadap IPS terpadu. ISTORIA, 2, 74-8.
Wulandari, T. & Wijayanti, A. (2016). Persepsi peserta didik tentang implementasi pendidikan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP se-Kecamatan Kretek, Bantul. JIPSINDO, 1(3), 78-100
Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906
Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16
Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915
Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023
Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310
Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543
Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328
Rohmah, P., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604
Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641
Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032
Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663
Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta
Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954
Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p
Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702
Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743
Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697
Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501
Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306
Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.
Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________