IDENTIFIKASI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA
Nasiwan Nasiwan,
Abstract
ABSTRAK
Pembentukan karakter merupakan salah satu kewajiban pihak sekolah.Pembentukan karakter di sekolah sudah diatur dalam Perpres tahun 2017 nomor 87 pasal 3.Berdasarkan Perpres di atas, semua sekolah SMP dan SMA di Kota Yogyakarta sudah menerapkan pendidikan karakter.Melihat hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter peserta didik yang ada di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi.Subjek dalam penelitian adalah peserta didik SMP PIRI 1 Yogyakarta yang ditentukan melalui teknik simple random sampling.Teknik analisis data penelitian menggunakan sistem analisis deskriptif kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk persentase.Setelah menghitung persentase, dilakukan penentuan kategori identifikasi karakter peserta didik di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter mereka selama berada di SMP PIRI 1 Yogyakarta, sebanyak 16,4% termasuk dalam kategori “Sangat Rendah”, sebanyak 19,2% termasuk dalam kategori “Rendah”, sebanyak 42,3% termasuk dalam kategori “Sedang”, sebanyak 14,2% termasuk dalam kategori “Tinggi”, dan sebanyak 7,88% termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diidentifikasikan bahwa karakter peserta didik utamanya dalam pembelajaran IPS di SMP PIRI 1 Yogyakarta memiliki nilai rata-rata sebesar 2,373 atau termasuk dalam kategori “sedang”.
Kata kunci: Identifikasi, Karakter, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________