IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP PANGUDI LUHUR 1 YOGYAKRTA
Nasiwan Nasiwan,
Abstract
Abstrack
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi pendidikan humanis dalam pembelajaran IPS di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta; 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan humanis dalam pembelajaran IPS di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta pada bulan Maret-Juli 2018. Subjek penelitian ini adalah, guru IPS kelas VIII, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan humanis dalam pembelajaran IPS di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. a) Perencanaan pembelajaran IPS menunjukkan pengintegrasian nilai-nilai humanis, dapat dilihat dari metode dan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang dikembangkan sudah bervariasi dan bersifat cooperative learning, sehingga menjadikan peserta didik lebih aktif dan dapat mengembangkan potensinya. Evaluasi pembelajaran yang humanis adalah evaluasi yang mencakup tiga aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. b) Pelaksanaan pembelajaran IPS menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, adanya kebebasan dalam pembelajaran, pembelajaran dengan kasih sayang, komunikasi yang baik antara guru dengan peserta didik, dan penanaman nilai humanis kepada peserta didik. c) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS sudah mencakup ketiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan humanis dalam pembelajaran IPS meliputi a) faktor pendukung: adanya visi dan misi sekolah, sepuluh nilai keutamaan Pangudi Luhur, kegiatan “Jumat Berbagi”, dan lingkungan sekolah menunjukkan nilai-nilai humanis. b) faktor penghambat: perkembangan gadget dan terbatasnya waktu pembelajaran. Kata kunci : pendidikan humanis, pembelajaran IPS, SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakata
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________