STUDI EKSPLORASI: TINGKAT PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI MTs N 4 SLEMAN, PATEN, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA
Saliman Saliman,
Abstract
MTs Negeri 4 Sleman merupakan sekolah berwawasan lingkungan dan telah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata. Realitanya tidak semua sekolah berwawasan lingkungan memiliki perilaku peduli lingkungan yang tinggi. Tingkat perilaku peduli lingkungan merupakan fenomena yang perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku peduli lingkungan siswa di MTs Negeri 4 Sleman, Paten, Tridadi, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi eksplorasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di MTs Negeri 4 Sleman berjumlah 614 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Sleman, Paten, Tridadi, Sleman, Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 237 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus dari Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product-moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku karakter peduli lingkungan siswa di MTs Negeri 4 Sleman sebanyak 0% termasuk dalam kategori sangat baik, 35% dalam kategori baik, 64% dalam kategori cukup, dan 1% dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka tingkat perilaku karakter peduli lingkungan siswa di MTs Negeri 4 Sleman termasuk dalam kategori cukup.
Full Text:
PDFReferences
Sudrajat & Wijayanti, A. T. 2018. Temple as Learning Mediums in Social Studies: The Perspective of Multicultural Education Saudi Journal of Humanities and Social Science 3 (8), 1014-1019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________