PERSEPSI ANGGOTA BANK SAMPAH TERHADAP PERANAN BANK SAPAH KASTURI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI PADUKUHAN GEMPOL DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK SLEMAN

Azola Hawa Mustika,
Suparmini Suparmini,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui persepsi anggota Bank Sampah terhadap sampah  dari aspek sosial dan budaya, (2) mengetahui Pengelolaan sampah oleh Anggota Bank sampah kasturi di Padukuhan Gempol, (3) mengetahui Perilaku anggota Bank Sampah dalam membuang sampah rumah tangga di Padukuhan Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah anggota bank sampah dan pengurus bank sampah sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunkan Alpha Cronbach. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi anggota bank sampah terhadap sampah dari Aspek sosial yaitu sebesar 45,50% dikategorikan baik, selanjutnya yaitu persepsi anggota terhadap sampah dari aspek budaya yaitu 61,10% dikategorikan cukup baik di Bank Sampah Kasturi Padukuhan Gempol, (2) Pengelolaan sampah di bank sampah kasturi oleh anggota bank sampah ditinjau dari pengelolaan sampah dengan persentase sebesar 71,10% kategori baik pada penimbulan sampah, 70,00% kategori baik penanganan ditempat, 31,50% kategori baik pengumpulan, 44,10% kategori baik pengangkutan, 62,00% kategori baik dalam pengolahan sampah organik, 75,50% kategori baik dalam pengolahan sampah anorganik, 44,40% kategori cukup baik dalam pengolahan sampah spesifik, dan terakhir 46,60% kategori baik dalam pembuangan akhir, (3) Perilaku anggota bank sampah dalam membuang sampah terutama sampah rumah tangga ditintau dari indikator pengelolaan sampah penanganan di tempat menunjukkan persentase 70,00% kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Sudrajat. 2011. Membentuk Pribadi Mulia Melalui Pendidikan Nilai: Studi di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta, Informasi, 37, 19-39

Sudrajat, G Hendrastomo, Aman. 2008. Penerapan Model Delikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS-Sejarah di SMP Muhammadiyah IV Yogyakarta, Istoria, 3 (2), 75-90.

Sudrajat. 2008. Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati dalam Historiografi Babad, Istoria 3 (2), 18-35.

Sudrajat. 2014. Pendidikan Multikultural Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, JIPSINDO, 1(1), 1-19.

Sudrajat, Wijayanti, AT. 2018. Temple as Learning Mediums in Social Studies: The Perspective of Multicultural Education, Saudi Journal of Humanities and Social Science, 3(8), 1014-1019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com