PENGEMBANGAN KATALOG IPS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN TEMA DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Tri Ratna dewi,
supardi supardi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pengembangan katalog pada mata pelajaran IPS dengan tema dinamika interaksi manusia dan lingkungan; 2) kelayakan katalog pada mata pelajaran IPS dengan tema dinamika interaksi manusia dan lingkungan oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS dan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg dan Gall. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Panjatan kelas VII E yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, guru, dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: melihat potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi katalog, revisi tahap I, uji coba, revisi tahap II, dan produk akhir Katalog Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Tema Dinamika Interaksi Manusia dan Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. 2) Katalog Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Tema Dinamika Interaksi Manusia dan Lingkungan dinyatakan layak dengan hasil akhir yaitu a) validasi ahli materi sebersar 4,5 dengan kategori âSangat Baikâ; b) validasi ahli media sebesar 4 dengan kategori âBaikâ; c) validasi guru sebesar 4,25 dengan kategori âSangat Baikâ; d) validasi menurut siswa sebesar 4,41 dengan kategori âSangat Baikâ. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan Katalog Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Tema Dinamika Interaksi Manusia dan Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII ini memiliki rerata skor 4,28 dengan kategori âSangat Baikâ sehingga âLayakâ untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Kata Kunci: Katalog IPS, Sumber belajar, Interaksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com