NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS NON-BSE MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS VII, VIII DAN IX TERBITAN PUSAT PERBUKUAN
Taat Wulandari,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) nilai-nilai multikultural yang termuat dalam buku teks Non-BSE mata pelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VII, VIII dan IX terbitan
Pusat Perbukuan. (2) untuk mengetahui nilai-nilai multikultural apa yang paling dominan pada buku teks Non-BSE mata pelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VII, VIII, IX terbitan Pusat Perbukuan.
Desain penelitian menggunakan penelitian analisis konten. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran IPS Non-BSE untuk siswa SMP Kelas VII, VIII, dan IX
Terbitan Pusat perbukuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi studi pustaka, pemberian kode dan pencatatan. Instrumen penelitian menggunakan kartu data untuk menganalisis komponen buku teks yang mengandung nilai-nilai multikultural. Teknik analisis
data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data penelitian ini meliputi perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan, pemeriksaan pembimbing yang
berkompeten dalam studi multikultural.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil (1) Buku teks Non-BSE mata pelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VII, VIII, dan IX terbitan Pusat Perbukuan telah mengintegrasikan nilai-nilai
multikultural dalamnya. Nilai multikultural yang dimaksud meliputi nilai pengakuan terhadap
adanya pluralitas budaya dalam masyarakat, nilai pengakuan terhadap harkat dan hak asasi manusia, nilai pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, dan nilai pengembangan
tanggung jawab terhadap planet bumi. Ketiga buku teks tersebut mempunyai sebaran nilai
multikultural yang berbeda-beda. Buku teks Non-BSE mata pelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VII terdapat 68 komponen, kelas VIII terdapat 75 komponen, kelas IX terdapat 30 komponen. (2) Nilai multikultural yang paling dominan dalam buku teks Non-BSE mata pelajaran IPS untuk siswa SMP Kelas VII, VIII, dan IX terbitan Pusat Perbukuan adalah nilai pengakuan terhadap adanya pluralitas budaya dalam masyarakat dengan jumlah 91 komponen, dengan rincian 32 komponen kelas VII, 44 komponen kelas VIII, dan 15 komponen kelas IX. Hal ini mengindikasikan bahwa buku teks Non-BSE mata pelajaran IPS untuk siswa SMP Kelas VII, VIII, dan IX terbitan Pusat Perbukuan lebih memfokuskan pada penyampaian nilai pengakuan terhadap adanya kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat. Terdapat dua jenis buku pelajaran yang di terbitkan oleh Pusat Perbukuan yakni Non-BSE dan BSE. Keduanya memuat materi yang sama, perbedaannya terletak pada media teks dan elektronik. Jadi buku BSE juga mengintegrasikan nilai-nilai multikultural.
Kata Kunci : Nilai-nilai multikultural, buku teks Non-BSE, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________