STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TALANG KABUPATEN TEGAL
Nasiwan Nasiwan,
Abstract
SMP Negeri 1 Talang merupakan sekolah yang menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran. Hal ini perlu dikaji lebih mendalam mengenai strategi guru dalam menanamkan nilai -nilai
demokrasi melalui pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam
menanamkan pendidikan demokrasi melalui pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal, untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru IPS dalam menanamkan pendidikan demokrasi melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Talang dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru IPS untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam menanamkan pendidikan demokrasi melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Talang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Talang pada bulan Maret-Mei 2018. Subjek penelitian ini adalah guru IPS kelas VIII, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS yakni strategi pembelajaran kooperatif. (2) Faktor penghambat dalam penanaman pendidikan demokrasi adalah siswa kurang berpartisipasi, belum sepenuhnya menghargai guru, dan tindakan bullying. (3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan penanaman pendidikan demokrasi adalah melalui pemberian penghargaan (reward) kepada siswa, pemberian motivasi, dan menjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa.
Kata kunci : Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________