PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SMP TARAKANITA MAGELANG

RM Adi Bambang Kusuma A,
Nasiwan Nasiwan,

Abstract


Penelitian ini dilakuakan di SMP Tarakanita Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai nilai nasionalisme melalui pembelajaran IPS di SMP Tarakanita Magelang
Penelitian ini ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran IPS di SMP Tarakanita yang telah dilakukan oleh guru IPS adalah dalam pembelajaran IPS di SMP Tarakanita Magelang dapat ditunjukan dalam perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru adalah dengan menyusun RPP
dan mempersiapkan media. Pada pelaksanaanya cara yang dilakukan dengan menyisipkan pesan-pesan, melalui metode pembelajaran, melalui media dan melalui tindakan. Evaluasi
yang dilakukan guru hanya dengan mengamati. Nilai-nilai nasionalisme yang ditanamkan
guru IPS antara lain ilai cinta tanah air, bangga terhadap bangsa Indonesia, disiplin, menghargai sesama, nilai toleransi, patuh terhadap peraturan, sopan, tanggung jawab,
bekerja keras, adil, dan jujur

Kata kunci : nilai, nasionalisme, mata pelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com