Pengaruh Motivasi Kerja Dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta

Arista Rindy Wahyu, , Indonesia
Didik Purwantoro, ST., M.Eng, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) seberapa besar tingkat motivasi kerja, seberapa besar tingkat praktik kerja lapangan, seberapa besar tingkat kesiapan kerja siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, (3) pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, (4) pengaruh motivasi kerja dan praktik kerja lapangan secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 64 siswa. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 55 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment Karl Pearson, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program komputer SPSS 22.0.

Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat motivasi kerja siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 63,604 dengan capaian sebesar 88,34%, tingkat pengalaman praktik kerja lapangan siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 62,278 dengan capaian sebesar 81,94%, dan tingkat kesiapan kerja siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 66,78 dengan capaian sebesar 83,48%, (2) motivasi kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih kecil ttabel sebesar 0,329 < 1,675; (3) praktik kerja lapangan  tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih kecil ttabel sebesar 0,931 < 1,675; (4) motivasi kerja dan praktik kerja lapangan secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih kecil Ftabel sebesar 0,684 < 3.18.

Full Text:

PDF

References


A. Muri, Yusuf. (2002). Kiat Sukses Dalam Karir. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ana Fitri Yaningsih. 92015). Hubungan Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Motivasi Memilih Jurusan Akutansi dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Tahun Ajaran 2004/2005. Skri[si. Yogyakarta: FISE UNY.

As’ad. (2001). Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Ayu Pangestuti. (2016). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Gambar Bangunan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Badan Pusat Statistik. (2016). Keadaan Ketenagakerjaan Agustus 2015-2016.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books

Dewa Ketut Sukardi. (1993). Psikologi Pendidikan Karier. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Jakarta.

Djaali. (2012). Psikologi Pemilihan Karier. Jakarta: Bumi Aksara.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Penelitian Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY (Vol 22, Nomor 3). Hlm. 274-290.

Goetsch, Davis. (2011). Mutu Sistem Pendidikan. Diakses pada http://www.poltas.ac.id/ Pada tanggal 7 Januari 2017, jam 10.00 WIB.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Angkasa.

J.P Chaplin. (2002). Kamus Lengkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT. Raja Grafindo Persada.

Juwono, Wisnubroto Hendro (2002). Pengantar Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2010). Jakarta: Depdiknas.

Malayu S.P. Hasibuhan. (2003). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Malayu S.P. Hasibuhan. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Martanto. (2008). Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas III Jurusan Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. UNY.

Nana Syaodikh Sukmadinata. (2005) Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nyoman Dantes. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Oemar Hamalik. (2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratno. (2013). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Informasi Dunia Kerja dan Praktik Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII di SMK Panca Bhakti Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Teknik UNY.

S, Nasution (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Setiyati. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. (Vol 22 Nomor 2). Hlm. 200-206.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumadi Sukmadinata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisna Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syamsul Bachri. (2003). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun. (2003). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY Press.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Lima Tahun Mengemban Tugas Pengembangan SDM Tantangan yang Tiada Hentinya. Jakarta: Depdikbud.Wasty Soemanto. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.