Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan (Kompetensi Dasar Penggunaan Macam Fondasi Berdasarkan Daya Dukung Tanah dan Kebutuhan)
Dr. –Ing. Satoto Endar Nayono, M.Eng., M.Sc., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan materi dan karakteristik media pembelajaran yang sesuai dengan siswa, khususnya terkait budaya literasi dan penggunaan smartphone, (2) mengembangkan media pembelajaran mandiri berbasis Android untuk mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar “Penggunaan Macam Fondasi Berdasarkan Daya Dukung Tanah dan Kebutuhan”, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Kelayakan media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Konstruksi Bangunan. Implementasinya melibatkan 79 siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang.
Hasil penelitian ini: (1) dibutuhkan media pembelajaran untuk mata pelajaran Konstruksi Bangunan materi fondasi dan karakteristik media yang dibutuhkan adalah yang mampu meningkatkan minat baca dan memfasilitasi siswa dengan memanfaatkan smartphone sebagai penunjang pembelajaran mandiri, (2) pengembangan produk menghasilkan media pembelajaran berbasis Android dengan komponen-komponen yang mendukung proses pembelajaran, dan (3) kelayakan media pembelajaran hasil tinjauan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan berdasarkan tanggapan 79 responden siswa yang di rata-rata media pembelajaran masuk ke dalam kategori “layak”.Full Text:
PDFReferences
Erik Kunto Aribowo. (2015). Penggunaan Aplikasi Smartphone Untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6379/Eric%20Kunto%20Aribowo.pdf?sequence=1. Diakses Pada tanggal 25 April 2017, pukul 20.00 WIB.
Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Google, Inc. (2016). Consumer Barometer with Google. https://www.consumerbarometer.com/en/trending/?countryCode=ID&category=TRN-AGE-UNDER-25. Diakses pada tangal 26 April 2017, pukul 19.30 WIB.
Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Pasuruan. (2016). SAGUSANOV (Satu Guru Satu Inovasi). http://igipasuruankab.jawaraweb.com/main.¬php?¬menu=¬¬program-&id¬=1. Diakses pada tanggal 15 November 2016, pukul 14.34 WIB.
Ikatan Guru Indonesia. (2016). Abdul Kholiq. http://www.gessindo¬nesia¬.¬com-/id/speakers/abdul-kholiq. Diakses pada tanggal 15 November 2016, pukul13.40 WIB.
Kominfo. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. https://kominfo.go.id/-content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media. Diakses pada tanggal 7 Desember 2016, pukul 14.34 WIB.
Haris Mudjimar. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015.pdf. http://peraturan.go.id/permen/kemendikbud-nomor-23-tahun-2015.html. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2017, pukul 08.15 WIB.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003.pdf. pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf. Diakses pada tanggal 20 November 2016, pukul 20.05 WIB.
Afifah Rahma. (2015). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktifitas
Kehidupan Siswa (Studi Kasus MAN 1 Rengat Barat). Jurnal JOM FISIP. 2(II). Hlm. 2-12.
Arif S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.