Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Terhadap Karakter Kejuruan Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan.
Drs. Darmono, M.T., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat kedisiplinan guru pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan, (2) mengetahui gambaran karakter siswa pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan, (3) mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap karakter siswa pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan yang berjumlah 64 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kedisiplinan Guru pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan tergolong baik. Sebanyak 37 siswa (57,81%) menyatakan kedisiplinan guru dalam kategori tinggi, (2) Karakter siswa pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan tergolong baik. Sebanyak 64 siswa (100%) menyatakan karakter siswa dalam kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru terhadap karakter siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,452 yang menunjukan pengaruh antar variabel dalam kategori cukup kuat.Full Text:
PDFReferences
Agus Setyo Raharjo. (2013). Pengaruh Keteladanan Guru dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Karakter Siswa SMK N 2 Pengasih Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Amat Jaedun, Sutarto, dan Ikhwanuddin. (2014). Model Pendidikan Karakter di SMK Melalui Program Pengembangan Diri dan Kultur Sekolah. Yogyakarta: JPTK Universitas Negeri Yogyakarta.
Amat Jaedun, dkk. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Kegiatan Pembelajaran pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: JPTK Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryadi Sarjono & Winda Julianita. (2011). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Mohammad Surya. (1985). Psikologi Pendidikan, Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP.
Paryanto. (2014). Implementasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Proses Permesinan Komplek Menggunakan Metode Pembelajaran Kolaboratif. Yogyakarta: JPTK Universitas Negeri Yogyakarta.
Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto.(1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi IV.Jakarta: Renika Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.